Perkembangan zaman telah mempengaruhi perkembangan internet yang sangat dibutuhkan oleh manusia dalam kehidupan sehari-hari. Internet terus dikembangkan untuk memudahkan komunikasi, salah satunya melalui penggunaan smartphone. Salah satu fitur pada smartphone adalah media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat karena memberikan kemudahan dalam mengakses berbagai informasi dari dulu hingga sekarang. Salah satu platform media sosial yang paling banyak digunakan adalah Instagram, sebuah aplikasi yang memungkinkan pengguna berbagi foto dan memodifikasi gambar dengan filter digital. Penggunaan Instagram tidak hanya untuk berbagi foto dan memodifikasi gambar, tetapi juga sebagai media untuk menjual pakaian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan Instagram sebagai platform media sosial untuk menjual pakaian. Data primer digunakan dan dianalisis menggunakan analisis kualitatif deskriptif. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diketahui bahwa Instagram membantu konsumen memperoleh informasi tentang kualitas pakaian, membantu responden menemukan trend fashion terkini, memiliki harga yang lebih murah dibandingkan dengan pakaian yang dijual di toko fisik, dan memiliki kualitas pakaian yang baik. Minat responden untuk membeli baju lebih tinggi saat menggunakan Instagram dibandingkan dengan membeli baju di toko fisik.
Copyrights © 2023