Jurnal Titik Imaji
Vol 6, No 2 (2023): Jurnal Titik Imaji

Aplikasi Antropomorfisme dalam Desain Karakter Konsep Permainan 'Waroeng si Oyen'

Juliana Suhindro Putra (Universitas Pelita Harapan)
Gabrielle Gabrielle (Universitas Pelita Harapan)



Article Info

Publish Date
03 Jan 2024

Abstract

Artikel ini membahas perancangan desain karakter pada konsep permainan "Waroeng si Oyen" yang bertujuan memperkenalkan jajanan pasar tradisional Indonesia kepada generasi muda. Perancangan karakter menerapkan antropomorfisme, di mana atribut manusia diberikan pada makhluk non-manusia, dengan merancanga karakter-karakter yang menggabungkan identitas manusia dengan bentuk binatang. Pendekatan ini didasarkan pada representasi binatang di Indonesia serta karakteristik masyarakatnya. Penggunaan antropomorfisme bertujuan agar karakter-karakter mudah dikenali oleh berbagai latar masyarakat Indonesia, serta mencegah stereotipe terkait atribut fisik atau identitas tertentu. Karakter yang diciptakan diharapkan dapat memberikan pengalaman bermain yang menarik dan memiliki ikatan emosional pada pemainnya.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

titik-imaji

Publisher

Subject

Arts Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Titik Imaji merupakan jurnal ilmiah akademik yang diterbitkan oleh Progam Studi Desain Komunikasi Visual, Fakultas Desain dan Teknologi, Universitas Bunda Mulia. Jurnal ini bertujuan untuk mengembangkan dan mempelajari keilmuan desain komunikasi visual secara teoritis dan pragmatis dalam konteks ...