Penelitian ini bertujuan untuk memberikan tinjauan akan peta produktivitas publikasi peran gamifikasi dalam proses pembelajaran daring melalui analisis bibliometrik. Memanfaatkan metode bibliometrik, penelitian ini fokus terhadap eksplorasi serta analisis literatur ilmiah yang telah dipublikasikan pada topik ini. Melalui identifikasi pola, tren, dan konsep-konsep kunci, penelitian ini akan memberikan wawasan mendalam tentang perkembangan, fokus, dan kontribusi penelitian terkait gamifikasi dalam konteks pembelajaran daring. Metode penelitian melibatkan pencarian serta seleksi artikel terkait gamifikasi dan pembelajaran daring dari basis data Scopus. Hasil analisis bibliometrik ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang mendalam mengenai evolusi konsep, popularitas topik, dan perkembangan penelitian dalam topik ini. Temua penelitian diharapkan dapat memberikan wawasan kepada akademisi, praktisi pendidikan, dan peneliti untuk merancang tema pada topik strategi pembelajaran yang lebih efektif dalam lingkup pembelajaran daring dengan memanfaatkan prinsip-prinsip gamfikasi.
Copyrights © 2023