Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 10 No. 1 (2021): Januari

Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Kubus dan Balok di SMP

Hermawati (Universitas PGRI Palembang)
Jumroh (Universitas PGRI Palembang)
Eka Fitri Puspa Sari (Universitas PGRI Palembang)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2021

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah tidak lepas dari kegiatan belajar mengajar pada umumnya karena keberhasilan seseorang terhadap sesuatu yang dihadapi tidak lepas dari matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas IX di SMP Negeri 15 Palembang. Sampel pada penelitian ini di ambil secara acak yaitu peserta didik kelas IX.1 berjumlah 31 peserta didik yang dilakukan di SMP Negeri 15 Palembang tahun Pelajaran 2019/2020. Teknik pengumpulan data menggunakan soal tes berbentuk uraian materi bangun ruang (kubus dan balok). Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Dari hasil analisis data dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dikategorikan rendah. The ability to solve problems cannot be separated from teaching and learning activities in general because one's success in something that is faced cannot be separated from mathematics. This Study aims to determine the mathematical Problem-solving abilities of grade IX students at SMP Negeri 15 Palembang. The sample in this study was taken randomly. namely students of class IX.1, totaling 31 students which was conducted at SMP Negeri 15 Palembang for the 2019/2020 academic year. The data collection technique used test questions in the form of a description of the material (cubes and cuboid). The data analysis technique in this research is descriptive quantitative. From the results of data analysis and discussion, it can be concluded that the students' mathematical Problem-solving ability is categorized as low.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

mosharafa

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika (p-ISSN: 2086-4280 & e-ISSN: 2527-8827) mempublikasikan artikel ilmiah hasil penelitian dalam bidang pendidikan matematika yang belum pernah dipublikasikan. Penulis dapat berasal dari berbagai level, seperti mahasiswa (S1, S2, S3), guru, dosen, praktisi, ...