Jurnal Teknologi Elekterika
Vol. 20 No. 2 (2023)

Perancangan Aplikasi Sistem Informasi Inventarisasi Aset Menggunakan QR Code (Studi Kasus Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kota Parepare)

Ciptadi, Chandra (Unknown)
Ilyas, Muh. (Unknown)
Syahrir, Syahrir (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membantu pihak pengelola barang inventaris aset pada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Parepare dalam melakukan pencatatan barang inventarisasi secara cepat dan akurat. Selain itu, sistem yang dibangun dapat melakukan monitoring terhadap barang menggunakan scanner barcode QR serta dapat mengatur jumlah minimal stok, sehingga dapat melakukan pemesanan tepat waktu. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Waterfall yang dimulai dengan mengalisa kebutuhan dari sistem, kemudian membuat perancangan sistem, setelah itu proses pembuatan sistem dilakukan dengan menyusun kode program. Untuk minimal stok metode yang digunakan yaitu Min-Max Stock. Setelah semua komponen sistem selesai selanjutnya adalah dengan melakukan pengujian terhadap sistem. Hasil dari penelitian ini didapatkan sebuah sistem informasi inventarisasi aset yang dapat melakukan monitoring barang masuk dan keluar menggunakan scanner QR code serta dapat mengatur jumlah minimal stok barang dan melakukan pencatatan data-data barang. Pengujian yang dilakukan menggunakan blackbox kepada tiga aktor yaitu kepala dinas, staff, dan operator terhadap fitur sistem, semua fitur yang ada dapat berjalan dengan baik sesuai dengan apa yang diharapkan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JTE

Publisher

Subject

Computer Science & IT Control & Systems Engineering Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Jurnal Teknologi Elekterika: Jurnal penelitian PNUP sebagai wadah komunikasi ilmiah antar akademisi, peneliti dan praktisi dalam menyebarluaskan hasil penelitian bidang rumpun elektro dan informatika yaitu teknik listrik, energi, elektronika, kontrol, telekomunikasi, komputer dan jaringan, dan ...