E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana
Vol 13 No 6 (2024)

PERAN PROFITABILITAS MEMEDIASI PENGARUH LEVERAGE DAN PERTUMBUHAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

Putu Astriwira Putri (Unknown)
Anak Agung Gede Suarjaya (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jun 2024

Abstract

Nilai perusahaan dapat dipengaruhi oleh faktor eksternal dan faktor internal. Faktor internal yang dapat memengaruhi yaitu leverage, pertumbuhan perusahaan dan profitabilitas. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh leverage dan pertumbuhan perusahaan terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas sebagai variabel mediasi. Penelitian ini merupakan penelitian asosiatif, dengan memilih perusahaan sektor industri barang konsumen primer di Bursa Efek Indonesia sebagai ruang lingkup penelitian. Jenis data dalam penelitian adalah data sekunder diperoleh dari www.idx.com. Metode penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian menggunakan metode simple random sampling dengan rumus slovin dan didapatkan 70 perusahaan sektor industri barang konsumen primer periode 2020-2022. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian adalah analisis deskriptif dan analisis jalur. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa leverage berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Pertumbuhan perusahaan berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap nilai perusahaan. Leverage berpengaruh positif dan signifikan terhadap profitabilitas. Pertumbuhan perusahaan berpengaruh negatif dan signifikan terhadap profitabilitas. Profitabilitas mampu memediasi pengaruh leverage terhadap nilai perusahaan dan pengaruh pertumbuhan perusahaan terhadap nilai perusahaan

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Manajemen

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

E-Jurnal Manajemen (ISSN 2302-8912) aims to serve as a medium of information and exchange of scientific articles between teaching staff, alumni, students, practitioners and observers of science in accounting and business. E-Jurnal Manajemen editor receives scientific articles business strategy and ...