E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana
Vol 13 No 1 (2024)

PENGENDALIAN KUALITAS PRODUKSI AIR MINUM DALAM KEMASAN DENGAN METODE SIX SIGMA DI UD. TARBATIN

Ni Kadek Ema Kristiani (Unknown)
Putu Yudi Setiawan (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana)



Article Info

Publish Date
24 Feb 2024

Abstract

Pengendalian kualitas merupakan upaya menjaga kualitas produk yang dihasilkan dengan meminimalisir jumlah produk cacat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sistem pengendalian kualitas dengan menggunakan metode Six Sigma pada produksi air minum dalam kemasan gelas ukuran 220ml. Metode yang digunakan adalah metode Six Sigma dengan model DMAIC. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perusahaan memiliki total jumlah kecacatan sebesar 413 pcs yang terdiri dari cacat label miring (30persen), gelas penyok (16persen) dan penutup tidak rapat/bocor (54persen). Nilai DPMO untuk produksi air minum kemasan 220 ml adalah 6.417 pcs dengan kemampuan Sigma 3,98 ?, yang berarti dalam satu juta kesempatan terdapat 6.417 pcs produk yang tidak sesuai dengan spesifikasi dan keinginan pelanggan. Berdasarkan nilai Sigma perusahaan berada pada tingkatan rata-rata Industri Indonesia namun perlu melakukan perbaikan untuk meminimalisir produk yang mengalami reject serta meningkatkan kapabilitas Sigma. Berdasarkan hasil analisis, faktor penyebab kerusakan yaitu manusia, metode, mesin dan material. Untuk meminimalkan pemborosan produk, perusahaan harus melakukan perbaikan pada setiap faktor kerusakan serta memberikan pelatihan dan pengawasan kerja karyawan. Kata kunci: Six Sigma; DMAIC; Pengendalian Kualitas

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Manajemen

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

E-Jurnal Manajemen (ISSN 2302-8912) aims to serve as a medium of information and exchange of scientific articles between teaching staff, alumni, students, practitioners and observers of science in accounting and business. E-Jurnal Manajemen editor receives scientific articles business strategy and ...