Penelitian ini bertujuan untuk memberikan dasar yang valid, reliabel, dan efektif dalam evaluasi IPA kelas V. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model ADDIE yang memiliki lima tahapan analisis, desain, implementasi, dan evaluasi. . Penulis mengumpulkan data melalui observasi, bentuk gelombang, sudut, dan tes total. Ahli bahasa, ahli media, dan ahli materi adalah contoh alat yang dapat digunakan untuk memvalidasi konten media berdasarkan rekaman video. Dalam hal ini, guru dan siswa bekerja sama untuk meningkatkan praktik mereka. Mengingat perolehan penilaian yang diuji coba oleh tiga pakar, yaitu: 88% pakar bahasa dengan aturan legitimasi yang sangat tinggi, 94% ahli media dengan model legitimasi yang sangat tinggi, dan 95% ahli materi dengan ukuran legitimasi yang sangat tinggi. Analisis penilaian angket uji praktikalitas kelompok kecil menghasilkan 85 persen kriteria sangat praktis, dan analisis uji praktikalitas respon guru menghasilkan 85 persen kriteria sangat praktis. Analisis uji efektivitas kelompok besar menghasilkan 0,64 kriteria sedang yang menunjukkan bahwa fasilitas edukasi sistem video animation di kelas V pendidikan IPA SD Negeri 82 Lubuklinggau valid, efektif, dan layak digunakan.
Copyrights © 2024