EDUKASIA
Vol 10, No 2 (2015): EDUKASIA

AUDIENCE CENTERED PADA METODE PRESENTASI SEBAGAI AKTUALISASI PENDEKATAN STUDENT CENTERED LEARNING

Millah, Dliyaul (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Sep 2015

Abstract

Penulisan artikel  ini dilatarbelakangi  oleh adanya perubahan paradigma dari guru sebagai pusat dalam pembelajaran/ Teacher  Centered  Learning   (TCL) kepada siswa sebagai pusat dalam pembelajaran/Student Centered  Learning  (SCL). Untuk maksud tersebut, penulis melakukan penelitian kualitatif dengan memfokuskan pada metode presentasi sebagai salah satu metode yang dapat diaplikasikan  untuk  mengaktualisasikan   Student Centered Learning (SCL) dalam proses pembelajaran di dalam kelas. Metode ini dapat diterapkan pada fokus menempatkan  audiens sebagai komponen penting dalam keberhasilan  pembelajaran aktif. Peran guru di sini adalah hanya sebagai seorang hakim super yang memungkinkan presenter untuk menangani kegiatan kelas dan menerapkan beberapa teknik untuk membuat para audien aktif dan interaktif.Kata kunci:  Student Centered  Learning  (SCL), presentasi, audiens sebagai pusat pembelajaranAUDIENCE CENTERED ON  THE METHOD OF PRESENTATION AS THE ACTUALIZATION OF STUDENT LEARNING CENTERED APPROACH. The writing of this article was based on the changing of the paradigm from Teacher Centered Learning  (TCL)  to Student Centered  Learning (SCL). For that purpose, the author  did a qualitative research by focusing  on the presentation method as one of methods that can be apply to actualize the SCL in the learning process in classroom. This method  could be applied on the focus of audience centered that places the audience as the important component in the success of an active learning. The role of the teacher here is only as a super judge who lets the presenters to handle the classroom activities and apply some techniques to make their audience be active and interactive.Keywords: Student Centered Learning (SCL), presentation, audience centered

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

Edukasia

Publisher

Subject

Education

Description

Articles to be received and published in the Journal of EDUKASIA are included in the scope of Islamic ...