Madani: Multidisciplinary Scientific Journal
Vol 1, No 12 (2024): Januari

Pendekatan Pemrosesan Informasi

Fauziah Nasution (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Astrid Natasya (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Sarina Wahyuni (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)
Winy Wiranti (Universitas Islam Negeri Sumatera Utara)



Article Info

Publish Date
05 Jan 2024

Abstract

Berpikir dapat diartikan menggunakan akal budi untuk mempertimbangkan dan memutuskan sesuatu, menimbang-nimbang dalam ingatan. Proses berpikir merupakan proses kompleks dan tidak dapat dilihat secara langsung bagaimana otak bekerja dan informasi di olah. Informasi yang diterima melalui alat indera akan dipersepsikan oleh bagian-bagian yang berfungsi secara khusus. Model pembelajaran pemrosesan informasi adalah model pembelajaran yang menitikberatkan pada aktivitas yang terkait dengan kegiatan proses atau pengolahan informasi untuk meningkatkan kapabilitas siswa melalui proses pembelajaran. Model pemrosesan informasi ini didasari oleh teori belajar kognitif (Piaget) dan berorientasi pada kemampuan peserta didik memproses informasi yang dapat memperbaiki kemampuannya. Pemrosesan Informasi merujuk pada cara mengumpulkan/menerima stimuli dari lingkungan, mengorganisasi data, memecahkan masalah, menemukan konsep, dan menggunakan simbol verbal dan visual

Copyrights © 2024