JURNAL HANDAYANI PGSD FIP UNIMED
Vol 14, No 2: December 2023

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STRUKTUR ATOM DI MAN 2 MODEL MEDAN

Nita Nazelina Nasution (Universitas Negeri Medan)
Dewi Syafriani (Universitas Negeri Medan)



Article Info

Publish Date
29 Dec 2023

Abstract

Pengaruh Model Pembelajaran Dan Motivasi  Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa  Pada Materi Struktur Atom  Di Man 2 Model Medan. Penelitianginin bertujuan untuko mengetahuim perbedaan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran dan motivasi belajar yang bervariasi pada materi struktur atom, serta untuk mengetahui interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap nilai hasil belajar siswa.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas Xdi MAN 2 Model Medan yang berjumlah 22 kelas. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak dua kelas diambil dengan cara Purposive Sampling.  Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X P sebagai kelas eksperimen 1 dengan model Project Based Learning (PJBL) dan kelas X L sebagai kelas eksperimen 2 yang diberi perlakuan dengan model Learning Cycle 7E. Desain dalam penelitian ini menggunakan desain faktorial 2x3. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan two way ANOVA Univariate dengan taraf signifikan 5% (0,05) apabila diperoleh hasil uji hipotesis < (0,05) maka Ha diterima. Berdasarkan hasil pada model pembelajaran bervariasi diperoleh sig 0,000 < (0,05), maka Ha diterima dan H0 ditolak artinya terdapat perbedaan nilai rata-rata hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran bervariasi. Pada motivasi belajar bervariasi diperoleh sig 0,013 < α (0,05) sehingga Ha diterima dan H0 ditolak, yang berarti terdapat perbedaan rata-rata nilai hasil belajar siswa dengan motivasi belajar yang bervariasi.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JH

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Handayani memuat artikel-artikel yang berkaitan dengan bidang pendidikan, pembelajaran, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Jurnal disingkat Handayani JH, dikelola oleh program studi pendidikan guru sekolah dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Medan. JH diterbitkan ...