JURNAL ESA
Vol 6 No 1 (2024): FEBRUARI

UTILISASI MEDIA SOSIAL SEBAGAI MEDIA PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN UMKM BATU BATA BAROKAH DI DESA SUMBERPAKEM KEC. SUMBERJAMBE TAHUN 2023

Muhyiddin, Ahmad (Unknown)
Adi Suwarno, Suparjo (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripikan utilitas media sosial sebagai media promosi pada konsumen. Peran media sosial yang masif digunakan dimanfaatkan oleh para pelaku UMKM untuk meningkatkan volume penjualan sehingga berdampak pada meingkatnya laba hasil penjualan.Desain penelitian menggunakan kualiatif pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokuemnetasi. Analisis data menggunakan interaktif Miles-Hubermann and Saldana. Keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa utilitas media sosial sebagai media promosi yang efektif menghasilkan 1) media sosila sebaga Sarana Promosi yang Efektif dan Efisien pada konsumen sangat positif dan berdamapak positif pada volume penjualan. 2)  Interkasi secara langsung dengan pelanggan adalah salah satu utilitas media sosial yang berdampak pada vuleme penjulalan. Data menujukkan daalam 1 semester meningkat sekitar 10-15 % . 3) Utilitas media sosial juga mampu untuk memahami perilaku konsumen karena ini adalah kunci keberhasilan untuk meningkatkan volume penjualan pada produk UMKM

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

esa

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

URNAL ESA, Jurnal Kajian Ekonomi Syariah, diterbitkan oleh Program Studi : Ekonomi Syariah Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Abu Zairi Bondowoso sebagai media pertukaran informasi dan karya ilmiah antara dosen, alumni, mahasiswa, pembaca dan pemerhati masalah Ekonomi Syariah. Dan untuk menyalurkan hasil ...