PTK: Jurnal Tindakan Kelas
Vol. 4 No. 2 (2024): Mei 2024

Pendekatan Steam Model Inquiry Learning Berbantuan Liveworksheet untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Motivasi Belajar Siswa

Vera Tristiana (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Rusnilawati Rusnilawati (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
21 May 2024

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran IPAS kelas V di sekolah dasar. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK). Metode pengumpulan data menggunakan tes hasil belajar siswa. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa hasil belajar mengalami peningkatan, dimana pada prasiklus nilai rata-rata kelas 75,9, kemudian siklus I nilai rata-rata kelas 80,1 dan siklus II kembali mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata kelas 82. Artinya penerapan media pembelajaran menggunakan pendekatan STEAM dengan model pembelajaran inquiry learning berbantuan aplikasi liveworksheet dapat mengingkatkan hasil belajar dan motivasi belajar peserta didik kelas V SDN Trosemi 02 pada proses kegiatan pembelajaran IPAS.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ptk

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal PTK merupakan jurnal berbasis Penelitian yang berfokus pada bidang keilmuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Model Pendidikan Pendidikan Dasar dan Menengah, dan Praktek Mengajar Pembelajaran .Jurnal PTK dikelola oleh Penerbit Cipta Media ...