cover
Contact Name
Sucipto
Contact Email
jurnal.cmh@ciptamediaharmoni.id
Phone
+6282111111864
Journal Mail Official
jurnal.ptk@ciptamediaharmoni.id
Editorial Address
Jl Anggrek B15, Kediri, Jawa Timur
Location
Kab. kediri,
Jawa timur
INDONESIA
PTK: Jurnal Tindakan Kelas
Published by Cipta Media Harmoni
ISSN : 27471977     EISSN : 27471969     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal PTK merupakan jurnal berbasis Penelitian yang berfokus pada bidang keilmuan Pendidikan Dasar dan Menengah, Model Pendidikan Pendidikan Dasar dan Menengah, dan Praktek Mengajar Pembelajaran .Jurnal PTK dikelola oleh Penerbit Cipta Media Harmoni.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 58 Documents
Upaya Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karir Siswa Melalui Layanan Klasikal Teknik Flipped Classroom pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Kediri Tahun Pelajaran 2020/2021 Dewi Nugraheni
PTK: Jurnal Tindakan Kelas Vol. 1 No. 1 (2020): November 2020
Publisher : Cipta Media Harmoni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (716.319 KB) | DOI: 10.53624/ptk.v1i1.1

Abstract

Berdasarkan hasil assesmen kebutuhan siswa diperoleh data bahwa siswa mengalami masalah dalam bidang karier dan pekerjaan. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi kelas XII SMA Negeri 1 Kediri Semester I Tahun Pelajaran 2020/2021. Fokus kajian dalam penelitian ini adalah analisis tingkat kemampuan perencanaan karir siswa melalui layanan klasikal teknik flipped classroom. Langkah-langkah penelitian tindakan bimbingan konseling yang dilaksanakan dalam tiga siklus meliputi perencanaan tindakan (planning), pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan interpretasi serta refleksi rangkaian langkah-langkah yang telah dilaksanakan. Hasil penelitian membuktikan bahwa terdapat peningkatan nilai kemampuan perencanaan karir siswa pada siklus I menggunakan media video pembelajaran sebesar 66,6%, sedangkan indikator keberhasilan tindakan kategori baik yaitu dengan persentase minimal 70%. Hal tersebut berarti bahwa indikator keberhasilan 66,6% belum berhasil atau kemampuan siswa dalam merencanakan karir belum meningkat. Selain itu, pada siklus II menggunakan media “Motion Graphic” dengan judul “Tips dan Trik Perencanaan Karir dengan nilai persentase indikator keberhasilan 68%, sedangkan indikator keberhasilan tindakan kategori baik yaitu dengan persentase minimal 70%. Hal tersebut berarti bahwa indikator keberhasilan 68% belum berhasil. Tetapi sudah ada peningkatan 1,4% dari hasil siklus I. Pada siklus III menggunakan media “Mind Mapping” dengan nilai persentase indikator keberhasilannya adalah 80%. Hasil tersebut sudah memenuhi indikator keberhasilan karena minimal indikator keberhasilan yang telah ditentukan adalah persentase minimal 70% dengan kategori baik. Pada siklus III, sudah terdapat peningkatan 12% dari hasil siklus II dan akhirnya siklus dihentikan karena sudah mencapai indikator keberhasilan.
Upaya Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Melalui Konseling Kelompok Kognitif-Perilaku Pada Siswa SMK Muhammadiyah 2 Sumberrejo Bojonegoro Tahun Pelajaran 2019-2020 Maris Laily Safa’ati
PTK: Jurnal Tindakan Kelas Vol. 1 No. 1 (2020): November 2020
Publisher : Cipta Media Harmoni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (617.018 KB) | DOI: 10.53624/ptk.v1i1.2

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya siswa yang mengalami perilaku prokrastinasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji secara mendalam mengenai keefektifan dan kemampuan konseling kelompok, yang dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kognitif-perilaku dalam membantu menurunkan perilaku prokrastinasi siswa. Angket prokrastinasi digunakan untuk mengetahui siswa yang berperilaku prokrastinasi. Dari angket tersebut dinyatakan ada delapan siswa yang menjadi subyek pada penelitian ini. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Prosedur penelitian tindakan kelas mengacu pada model bagan penelitian tindakan yang secara garis besar terdapat 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan dengan dua siklus. Hasil pre-test menunjukkan delapan siswa mengalami perilaku prokrastinasi. Hasil post-test pada siklus 1 dan 2 menunjukkan siswa mengalami penurunan perilaku prokrastinasi. Hasil tersebut menunjukkan bahwa penerapan konseling kelompok kognitif-perilaku dapat mengurasi perilaku prokrastinasi siswa kelas XI Akuntansi dan Keuangan Lembaga (AKL) SMK Muhammadiyah 2 Sumberrejo-Bojonegoro.
Pengembangan Panduan Sosiodrama untuk Meningkatkan Kecerdasan Sosial Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Malang Tri Henny Febrining Wulan; Ahmad Yusron; Eko Nurhayati
PTK: Jurnal Tindakan Kelas Vol. 1 No. 1 (2020): November 2020
Publisher : Cipta Media Harmoni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (522.365 KB) | DOI: 10.53624/ptk.v1i1.3

Abstract

Pengembangan Panduan Sosiodrama untuk Meningkatkan Kecerdasan Sosial Siswa Kelas VIII SMP Negeri 13 Malang. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah menghasilkan panduan sosiodrama untuk meningkatkan kecerdasan sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Malang yang berterima secara teoretis dan praktis. Langkah yang digunakan adalah tahap perencanaan, tahap pengembangan produk, dan tahap uji coba produk. Hasil pengembangan berupa panduan sosiodrama untuk meningkatkan kecerdasan sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 13 Malang yang berterima secara teoretis dan praktis.
Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Kelas X APHP Melalui Layanan Konseling Kelompok dengan Metode Client Centered Therapy Adyana Ajeng Ratwulan
PTK: Jurnal Tindakan Kelas Vol. 1 No. 1 (2020): November 2020
Publisher : Cipta Media Harmoni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (529.958 KB) | DOI: 10.53624/ptk.v1i1.4

Abstract

Motivasi belajar ditanamkan kepada siswa melalui beberapa metode di kelas. Kita menyadari bahwa pada dasarnya manusia membutuhkan pendidikan dalam kehidupannya, agar dengan pendidikan potensi dirinya dapat berkembang melalui proses pembelajaran atau cara lain yang di kenal dan dilakukan oleh masyarakat. Pengamatan awal yang dilakukan terhadap 10 siswa atau 42,8% tingkat Motivasi rendah, hal ini diduga penyebabnya adalah pembelajaran di sekolah masih menggunakan metode pembelajaran yang kurang dimotivasi dan belum pula dapat menumbuhkan sikap disiplin pada diri siswa. Pada siklus I setelah kegiatan pelaksanaan pembelajaran selesai di laksanakan, maka peneliti melakukan refleksi dari kegiatan yang dilaksanakan. Selama kegiatan pembelajaran berlangsung terdapat beberapa kendala yang terjadi pada siklus I, di antaranya adalah siswa kurang terbuka dalam mengungkapkan masalahnya, Jadi, dalam siklus II akan lebih diperbaiki lagi agar Motivasi belajar peserta didik dalam pembe lajaran lebih meningkat lagi. Motivasi belajar siswa pada siklus II mengalami peningkatan yang signifikan. Siswa dapat mengikuti penerapan Konseling Kelom pok Dengan Metode Client Centered Therapy dengan baik dan lebih aktif dalam pembelajaran yang telah dilaksanakan. Berdasarkan indikator ke berhasilan yang ditetapkan sebesar 25-30 , maka penelitian ini sudah di nyatakan tuntas pada siklus II. Dengan kata lain, analisis ini menun jukkan bahwa Konseling Kelompok Dengan Metode Client Centered Therapy mampu meningkatkan motivasi belajar siswa.
Upaya Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Kediri Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Elly Rahmawati
PTK: Jurnal Tindakan Kelas Vol. 1 No. 1 (2020): November 2020
Publisher : Cipta Media Harmoni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (818.69 KB) | DOI: 10.53624/ptk.v1i1.5

Abstract

Penelitian tindakan kelas mengenai peningkatan kemampuan belajar siswa kelas XI semester gasal materi determinan dan invers matriks dilatar belakangi rendahnya persentase kemampuan hasil belajar siswa serta ketuntasan belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 3 siklus dimulai siklus 1 tanggal 19 Oktober 2020, siklus 2 tanggal 26 Oktober 2020, dan siklus 3 tanggal 10 November 2020 dengan subjek penelitian siswa kelas XI IPA B SMA Negeri 1 Kediri yang berjumlah 34 siswa tahun pelajaran 2020 /2021. Data yang dikumpulkan melalui metode observasi dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan sebanyak 3 siklus, hasil belajar selalu meningkat, siklus 2 meningkat sebesar 17,65% dari nilai siklus 1, sedangkan pada siklus 3 terjadi kenaikan kemampuan hasil belajar siswa sebesar 14,7% dari nilai siklus 2. Pada siklus 3 keberhasilan belajar mencapai 88,23%,. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan model pembelajaran discovery learning dimana siswa mengawali kegiatan pembelajaran dengan tahap simulasi oleh guru, dilanjutkan dengan identifikasi masalah, pengumpulan data, pengolahan data, verifikasi, dan generalisasi. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa menggunakan model pembelajaran tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI IPA B SMA Negeri 1 Kediri.
Peningkatan Kemampuan Menganalisis Siklus Air Melalui Media Puzzle Berbantuan Kartu Siklus Air Pada Siswa Kelas V SDN Besowo 2 Kecamatan Kepung Kabupaten Kediri Alia Nur Husna Afandi
PTK: Jurnal Tindakan Kelas Vol. 1 No. 2 (2021): Mei 2021
Publisher : Cipta Media Harmoni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (793.527 KB) | DOI: 10.53624/ptk.v1i2.19

Abstract

Berdasarkan hasil refleksi peneliti, sebagai guru kelas V SDN Besowo 2, peneliti menemukan beberapa permasalahan pembelajaran, terutama pada proses pembelajaran sains materi menganalisis siklus air. Pada materi ini siswa cenderung kesulitan dalam memahami alur siklus air dengan baik, hal tersebut terungkap saat peneliti melakukan pre-test tanya jawab terkait konsep ini. Pada masa pandemi Covid-19, pembelajaran diarahkan pada konsep pembelajaran jarak jauh (PJJ), PJJ dapat dilakukan secara daring maupun luring. Mengingat latar belakang siswa di SDN Besowo 2 masih cukup kesulitan dalam proses pembelajaran daring, maka untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam materi menganalisis siklus air, dirumuskan sebuah solusi yaitu menggunakan media pembelajaran puzzle berbantuan kartu siklus air. Pendekatan yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan tahapan yaitu 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, 4) refleksi. Penelitian ini direncanakan berlangsung selama 2 siklus, tiap siklus 2 pertemuan dengan materi menganalisis siklus air. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa, media puzzle berbantuan kartu siklus air dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi siklus air. Melalui media puzzle ini, siswa dapat lebih terstimulus untuk mengeksplorasi pada kepingan-kepingan gambar yang didalamnya termuat materi pembelajaran. Melalui media puzzle, peserta didik dapat lebih aktif dalam mengikuti pembelajaran, media puzzle memiliki warna dan potongan gambar yang bervariasi sehingga lebih menarik serta akan memudahkan pengajar dalam menyampaikan isi materi.
The Death of Authentic Language Learning Assessment in Indonesia During The Global Pandemic Siti Maria Ulfa M; Rezki Suci Qamaria
PTK: Jurnal Tindakan Kelas Vol. 1 No. 2 (2021): Mei 2021
Publisher : Cipta Media Harmoni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (457.922 KB) | DOI: 10.53624/ptk.v1i2.21

Abstract

This article aims to discuss the implementation of authentic language learning assessment in Indonesia during the global pandemic. In the 2013 curriculum, the result of the learning process requires an authentic assessment because it has high relevance to a scientific approach of learning that meets the demands of the curriculum. However, authentic assessment has faced serious challenges in the process of its implementation during the COVID-19 pandemic that has hit globally since 2019. In this case, teachers face major challenges in the assessment process including in learning foreign languages, especially English subjects. The assessment system in the language learning process during the pandemic is demanded to be more flexible therefore government must consider a solution. The solution is expected to open up opportunities for teachers to modify the authentic assessment system to an alternative assessment as an adjustment during the global crisis.
Efektivitas Model Pembelajaran Think-Talk-Write terhadap Keterampilan Mengomunikasikan Pendapat pada Siswa Kelas IV SDN Kelutan Kecamatan Ngronggot Kabupaten Nganjuk Maulana Rahmad Ardiansyah; Kukuh Andri Aka; Novi Nitya Santi
PTK: Jurnal Tindakan Kelas Vol. 1 No. 2 (2021): Mei 2021
Publisher : Cipta Media Harmoni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (565.163 KB) | DOI: 10.53624/ptk.v1i2.24

Abstract

Pada proses pembelajaran bahasa Indonesia yang dilakukan di SDN Kelutan, masih banyak siswa yang belum aktif dalam pembelajaran, siswa menerima sumber belajar hanya dari guru dan buku tetapi belum mengembangkan keterampilan proses, sehingga aktivitas siswapun belum maksimal. Hal ini, membuat kualitas pembelajaran Bahasa Indonesia kurang maksimal, ditunjukkan dengan hasil belajar yang rendah sebanyak 65% yang mendapat nilai di bawah KKM. Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif, teknik penelitian menggunakan eksperimen dengan desain Non Randomized Pretest-Posttest Control Group Design. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Kelutan 3 Nganjuk terdiri dari 22 siswa pada kelas IV (kelompok eksperimen) dan siswa Kelas IV SDN Kelutan 2 sebanyak 22 siswa kelas IV (kelompok kontrol). Pengumpulan data dilakukan dalam dua kali pertemuan, dengan menggunakan instrumen berupa tes. Teknik analisis yang digunakan adalah uji t paired sampel-test dan uji-t independent sampel t-test. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Think-Talk-Write berpengaruh terhadap keterampilan mengomunikasikan pendapat pada siswa, dengan nilai thitung ≥ ttabel yaitu 9,507 ≥ 2,080 dengan taraf signifikansi 5%. Selain itu, Model pembelajaran Konvensional berpengaruh terhadap keterampilan mengomunikasikan pendapat pada siswa, dengan nilai thitung ≥ ttabel yaitu 10,782 ≥ 2,080 dengan taraf signifikansi 5%. Hasil lainnya adalah ada perbedaan pengaruh penggunaan model Think-Talk-Write dibanding model Konvensional terhadap keterampilan mengomunikasikan pendapat pada siswa kelas. Hal ini dapat dibuktikan dari thitung 3,001 ≥ ttabel 2,018 pada taraf signifikan 5%.
Peningkatan Pemahaman Mahasiswa pada Mata Kuliah Pengantar Ilmu Hukum Program Studi Hukum Ekonomi Syariah melalui Metode Resitasi Hutrin Kamil
PTK: Jurnal Tindakan Kelas Vol. 1 No. 2 (2021): Mei 2021
Publisher : Cipta Media Harmoni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (331.272 KB) | DOI: 10.53624/ptk.v1i2.30

Abstract

Dalam mewujudkan tujuan Program Studi Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah IAIN Kediri yakni untuk mencetak ahli hukum khususnya hukum ekonomi syariah harus ditopang dengan sebaran mata kuliah yang relevan. Salah satu mata kuliah yang dimaksud dan juga merupakan mata kuliah dasar dimana mahasiswa diharapkan memiliki tingkat pemahaman yang adalah adalah Pengantar Ilmu Hukum. Namun, upaya untuk meningkatkan pemahaman belum ditunjang dengan kehadiran metode dan referensi yang tepat. Keadaan demikian mengakibatkan kurangnya pemahaman mahasiswa pada mata kuliah Pengantar Ilmu Hukum. Model penyelesaian penelitian yang digunakan adalah pertama tahap perencanaan, selanjutnya memilih ruang lingkup mahasiswa yang akan diteliti, kemudian pelaksanan kegiatan, dilanjutkan observasi pembelajaran dan terakhir analisis hasil terhadap metode yang digunakan. Metode yang ditempuh terbukti dapat meningkatkan kurangnya pemahaman mahasiswa Dalam pre-test, persentase tingkat pemahaman mahasiswa rata-rata 71,5 poin. Setelah diadakan kegiatan meningkat menjadi 81,6 poin, terjadi peningkatan sebesar 10,18 poin. Dalam pelaksanaan metode role play, jumlah tingkat kepahaman mahasiswa yaitu 25 orang kriteria tinggi, 10 orang kriteria cukup, 5 orang kriteria rendah dan 4 orang kriteria kurang.
Implementasi Pendidikan Karakter dengan Perspektif Good Character di Sekolah Menengah Kejuruan Heny Subekti; Alinurdin Alinurdin
PTK: Jurnal Tindakan Kelas Vol. 1 No. 2 (2021): Mei 2021
Publisher : Cipta Media Harmoni

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (734.95 KB) | DOI: 10.53624/ptk.v1i2.31

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi pendidikan karakter dengan perspektif good character di SMK Negeri 1 Bojonggede. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan menggunakan 4 informan, yaitu 1 orang Kepala Sekolah dan 3 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan antara lain wawancara, observasi, dan studi kepustakaan. Analisis data yang digunakan ialah reduksi data dan triangulasi data. Hasil pengujian menunjukkan bahwa pelaksanaan pendidikan karakter di SMK Negeri 1 Bojonggede sudah baik karena telah terintegrasi dengan kurikulum dan perangkat pendukung lainnya. Hal ini terjadi karena sistem Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) di sekolah tersebut telah terbentuk dengan baik dan mampu digambarkan ke dalam beberapa program sekolah dengan dibuktikan adanya perencanaan, penyusunan, pengawasan, hingga kelengkapan evaluasi. Sedangkan pelaksana pendidikan karakter di sekolah telah memahami dan mampu menjalankan program dan kegiatan penguatan pendidikan karakter. Hanya saja, masih ada peserta didik yang belum memahami nilai-nilai pendidikan karakter yang dibangun oleh SMK Negeri 1 Bojonggede.