Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 11, No 2 (2023): Desember 2023

PERAN GURU DALAM MENDISIPLINKAN SISWA MELALUI REINFORCEMENT DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK

Jelika Peea (Universitas Pelita Harapan)
Wiyun Philipus Tangkin (Universitas Pelita Harapan)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Masalah ketidakdisiplinan siswa merupakan hal yang sering terjadi di setiap kelas. Hal ini terlihat pada saat penulis praktik di salah satu sekolah daerah Jakarta Barat. Fakta yang ditemukan yaitu siswa kelas 4 (7 perempuan dan 11 laki-laki) belum dapat disiplin terhadap aturan kelas yang telah disepakati secara bersama. Seperti: bermain sendiri, mengganggu teman, berisik, tidak mendengarkan instruksi dengan baik pada saat proses belajar. Dalam hal ini peran guru sangat diperlukan agar dapat membantu siswa kembali taat terhadap peraturan kelas sehingga pembelajaran dapat berjalan kondusif. Peran guru yang telah dilakukan untuk mendisiplinkan siswa adalah melalui reinforcement dengan memberikan teguran, nasihat, dan kontak mata. Sedangkan bagi siswa yang disiplin guru memberikan reinforcement berupa penghargaan dengan mengucapkan good job, one clap, atau terimakasih. Penanaman disiplin ini sangat penting agar siswa dapat belajar taat karena ketaatan merupakan salah satu karakter yang harus dimiliki oleh siswa. Adapun tujuan penulisan makalah ini adalah menjelaskan peran guru dalam mendisiplinkan siswa melalui reinforcement. Untuk penelitian selanjutnya guru harus lebih konsisten dan tegas dalam memberikan reinforcement. Selain itu dapat dikombinasikan dengan metode reward dan punishmentuntuk mendisiplinkan siswa tetapi harus dilakukan dengan konsisten dan sabar untuk mendapatkan hasil yang maksimal. 

Copyrights © 2023