Jurnal Pendidikan Dasar
Vol 11, No 2 (2023): Desember 2023

PENGEMBANGAN MODUL AJAR SIKLUS AIR BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MELATIHKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Zephisius Rudiyanto Eso Ntelok (Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng)
Beatrix Sarti Mantur (Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng)
Yohennes Marryono Jamun (Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng)
Rudolof Ngalu (Universitas Katolik Indonesia Santu Paulus Ruteng)



Article Info

Publish Date
18 Dec 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kevalidan, kepraktisan dan keefektifan modul ajar siklus air berbasis PBL dalam melatihkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V SD pada semester genap tahun akademik 2022/2023. Penelitian pengembangan (RD) ini menggunakan prosedur pengembangan model ADDIE. Subyek dalam penelitian ini adalah Siswa/I Kelas V SDK Santa Agnes Ruteng IV yang berjumlah 26 orang. Data dikumpulkan menggunakan instrument berupa angket, lembar observasi, dan instrument berbentuk tes pilihan ganda. Data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul ajar yang dikembangkan valid, praktis dan efektif untuk digunakan dalam proses pembelajaran dengan rata-rata skor validasi 3,54, rata-rata skor kepraktisan 93,42% dan tingkat efektifitas (N-Gain) 0,62 dengan kategori gain sedang. Hasil penelitian ini juga menunjukkan bahwa kemampuan guru dalam menerapkan model pembelajaran PBL juga meningkat dengan rata skor keterlaksanaan pembelajaran dengan model PBL sebesar 82,84% (terlaksana sangat baik). Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa modul ajar siklus air berbasis PBL valid, praktis dan efektif dalam melatihkan kemampuan pemecahan masalah siswa SD.

Copyrights © 2023