JURNAL VOKASI ILMU-ILMU PERIKANAN (JVIP)
Vol 4, No 2 (2023): April 2024

Pendugaan Kelompok Umur Ikan Cakalang Sebagai Landasan Pengelolaan Perikanan Berkelanjutan Di Kabupaten Sorong

Rasdam Rasdam (Politeknik Kelautan dan Perikanan Kupang)
Resky Amalia Rajab (Politeknik Kelautan dan Perikanan Kupang)
Sugiono Sugiono (Unknown)
Hasrianti Hasrianti (Program Studi Ilmu Perikanan, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Muhammadiyah Sidenreng Rappang)
Aman Saputra (Program Studi Teknik Penangkapan Ikan, Politeknik Ahli Usaha Perikanan Jakarta)



Article Info

Publish Date
19 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melakukan pendugaan kelompok umur ikan Cakalang yang meliputi ukuran panjang pertama kali tertangkap (Lc), sebaran frekuensi panjang dan kelompok umur ikan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei sampai September 2016. Metode yang digunakan adalah metode survey untuk memperoleh data primer dengan melakukan pengukuran panjang terhadap 441 ekor ikan Cakalang sebagai sampel dan dianalisis dengan metode Bhattacharya (1967). Berdasarkan hasil perhitungan ukuran panjang pertama kali tertangkap (Lc) diperoleh ukuran panjang 52 Cm. Sebaran frekuensi panjang dari bulan Mei sampai September mengalami pergeseran pada tiap bulannya. Hasil analisis kohort diperoleh tiga kelompok umur relative ikan Cakalang yaitu L1 = 48,48 Cm, L2 = 58,08 Cm dan L3 = 65,35 Cm.Kata Kunci : Cakalang, Lc, Umur Ikan, Sorong.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jvip

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Environmental Science

Description

JVIP adalah jurnal peer review, jurnal ini menerbitkan artikel berkualitas tinggi dalam ilmu akuatik dan perikanan pada umumnya. Tujuan jurnal ini adalah untuk mempublikasikan dan menyebarluaskan temuan penelitian saat ini atau yang baru, dan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap ...