MAGISTRA
Vol 26, No 94 (2015): Magistra Desember

PENGGUNAAN FLASH SWISHMAX SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN STATISTIKA MATEMATIKA I

Wulandari, Andhika Ayu (Unknown)
Afghohani, Afif (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2015

Abstract

Statistika Matematika I adalah mata kuliah wajib di Program Studi Matematika dan Pendidikan Matematika yang sangat luas penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Akan tetapi, berdasarkan data nilai Statistika Matematika I mahasiswa semester IV Tahun Ajaran 2012/2013 menunjukkan bahwa 54,6% mahasiswa belum memberikan hasil yang memuaskan dan 56% diantaranya menyatakan bahwa  penyebab rendahnya nilai Statistika Matematika I karena media pembelajaran yang kurang menarik. Peneliti mencoba menerapkan media Flash SWiShmax dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah ingin melihat bagaimana implikasi penggunaan Flash SWiSHmax sebagai media pembelajaran Statistika Matematika I terhadap prestasi belajar mahasiswa. Berdasarkan sampling yang dilakukan oleh peneliti, diperoleh 2 kelas sebagai sampel yaitu kelas 4C dan 4D. Dengan menggunakan data hasil pre-test dengan materi ruang sampel, disimpulkan bahwa kedua kelas dalam keadaan seimbang sebelum media Flash SWiSHmax digunakan sebagai media pembelajaran. Kelas 4C menggunakan media Flash SWiSHmax dalam pembelajaran, dan kelas 4D menggunakan pembelajaran konvensional). Media Flash SWiSHmax dapat digunakan dengan baik selama pembelajaran. Mahasiswa antusias dengan media yang digunakan dan berdasarkan analisa data hasil post-test dengan uji-t, disimpulkan bahwa penggunaan Flash SWiSHmax sebagai media pembelajaran Statistika Matematika I efektif untuk meningkatkan prestasi belajar mahasiswa. Kata kunci: Flash SWiSHmax, media pembelajaran, prestasi belajar

Copyrights © 2015