Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti
Vol. 10 No. 4 (2023)

PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ UNTUK MENGUKUR ASPEK KOGNITIF SISWA SD PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Sri Wahyuni (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Nurur Rubingah (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Nur Hakiky (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Andri Wicaksono (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Yulia Maftuhah Hidayati (Universitas Muhammadiyah Surakarta)
Anatri Desstya (Universitas Muhammadiyah Surakarta)



Article Info

Publish Date
16 Nov 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan quizizz dalam pengukuran pemahaman murid dalam aspek kognitif tingkat sekolah dasar pada mata pelajaran matematika. Penelitian ini di terapkan pada siswa kelas 4 sejumlah 6 Peserta didik,1 Guru Kelas, 1 Kepala Sekolah di SD Negeri 3 Nanggulan, Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten sebagai subjeknya. Metode penelitian dengan pendekatan fenomenologi dan termasuk dalam penelitian kualitatif. Untuk menguji keabsahan data dilakukan uji triangulasi menggunakan uji triangulasi teknik dan uji triangulasi sumber. Hasil penelitian guru memanfaatkan quizizz untuk mengukur aspek kognitif murid dalam mata pelajaran matematika. Hasil dari penelitian ini ditemukannya kebaruan fitur-fitur dalam quizizz dibandingkan penelitian-penelitian sebelumnya. Fitur yang dapat digunakan untuk mengukur aspek kognitif mata pelajaran matematika adalah live quiz dan paper mode dan bentuk soal yang bisa digunakan adalah multiple choice.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jil

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics

Description

Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti merupakan salah satu jurnal yang dikelola oleh Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Ruang lingkup dan fokus publikasi pada bidang pendidikan, pembelajaran, media pembelajaran, TIK dalam pendidikan dan pembelajaran, manajemen pendidikan, pendidikan dasar, ...