Jihbiz: Jurnal Ekonomi, Keuangan dan Perbankan Syariah
Vol 8 No 1 (2024)

Peran Label Halal pada Pembelian Air Minum dalam Kemasan: Perspektif Manajemen Bisnis Syariah

Siti Nur F. Hatapayo (Manajemen Bisnis Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Ambon, Maluku, Indonesia)
Fitria Karnudu (Manajemen Bisnis Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Ambon, Maluku, Indonesia)
Arizal Hamizar (Manajemen Bisnis Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, IAIN Ambon, Maluku, Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2024

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui peran label halal terhadap keputusan pembelian produk Air Minum dalam Kemasan (AMDK) Ayudes di Kota Ambon, dan bagaimana peran label halal dalam tinjauan manajemen bisnis syariah. Penelitian ini dilaksanakan di masyarakat Kota Ambon dan perusahaan AMDK Ayudes dengan menggunakan metode kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi kepada sejumlah informan yang terlibat secara langsung berkaitan dengan penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan keputusan pembelian air minum kemasan Ayudes di Kota Ambon berdasarkan peran label halal menunjukkan bahwa konsumen tidak memperhatikan pencantuman label halal pada kemasan produk, dan lebih melihat pada kualitas dan lokasi pabrik air minum kemasan tersebut.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jihbiz

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

JIHBIZ: Journal of Islamic Economics, Finance, and Banking has a focus study on Islamic economics, Islamic finance, and Islamic banking. While the scope of studies in this journal includes: Islamic Economics: Islamic economics thought, national Islamic economy strategies, the ecosystem of shariah ...