Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Borneo
Vol 5 No 1 (2024): Jurnal Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Borneo, 5(1), Februari 2024

Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti

Muhammad Mufrizal (Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda)
Mukhamad Ilyasin (Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda)
Bahrani Bahrani (Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda)



Article Info

Publish Date
19 Apr 2024

Abstract

Bangsa Indonesia yaitu bangsa yang memiliki berbagai suatu keragaman yang tinggi, yang mana dari berbagai terdiri dari daerah dan kepulauan yang luas. Bangsa Indonesia itu ditinjau dari dua paradigma, yaitu paradigma yang bersifat secara horizontal maupun juga bersifat vertikal. Paradigma yang bersifat horizontal yaitu kemajmukannya dari segi perbedaan agama, bahasa, etnik, pakaian beserta adat istiadatnya, bahkan dengan pendidikan multikultural diharapkan dapat membentuk suatu jiwa yang berkarakter. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian yaitu Kepala Sekolah, Guru dan Siswa-siswi Sedangkan Sumber data penelitian di SMPN 16 Samarinda terdiri dari guru PAIBP dengan jumlah 3 orang, Kepala Sekolah, dan 6 orang dari Siswa-siswi SMPN 16 Samarinda.Teknik pengumpulan data ialah observasi, wawancara, serta dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini yaitu nilai solidaritas dan keadilan berjalan dengan baik dan optimal melalui kegiatan pembelajaran dan kegiatan keagamaan.

Copyrights © 2024