Nanggroe: Journal Of Scholarly Service
Vol 2, No 9 (2023): Desember

Pelatihan Penggunaan KIT Optik untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Guru IPA

Hasanuddin H (Universitas Negeri Makassar)
St. Mutia Alfiyanti Muhiddin (Universitas Negeri Makassar)
Nurfitra Yanto (Universitas Negeri Makassar)
Sitti Rahma Yunus (Universitas Negeri Makassar)
Rifda Nurhikmahwati Arif (Universitas Negeri Makassar)



Article Info

Publish Date
02 Dec 2023

Abstract

Pemanfaatan alat-alat peraga pada KIT Optik dapat membantu peserta didik memahami konsep cahaya dan alat optik, mengurangi miskonsepsi, dan meningkatkan keterampilan peserta didik termasuk keterampilan proses sains. Akan tetapi, penggunaan alat peraga pada KIT Optik di sekolah belum maksimal karena guru IPA belum memaksimalkan pemanfaatan KIT IPA dalam proses pembelajaran. Latar belakang guru yang tidak berasal dari bidang IPA atau fisika menyebabkan kurangnya pengetahuan dan keterampilan guru dalam menggunakan KIT IPA. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep optik guru IPA melalui pelatihan penggunaan KIT. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini adalah demonstrasi, diskusi, ceramah dan praktikum secara langsung. Mitra kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini adalah guru-guru IPA. Kegiatan dilaksanakan dalam tiga tahapan yaitu tahap persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Hasil dari kegiatan PKM ini terlaksananya kegiatan pelatihan KIT Optik dengan baik di mana terjadi peningkatan pemahaman konsep guru IPA berdasarkan hasil tes. Secara umum, respon peserta sangat baik dan antusias mengikuti kegiatan pelatihan.

Copyrights © 2023