beta (Biosistem dan Teknik Pertanian)
Vol 12 No 2 (2024): IN PRESS

Analisis Saluran Distribusi Pemasaran dan Margin Pemasaran Buah Stroberi (Fragaria x ananassa) di Kecamatan Baturiti hingga ke Konsumen

Stefani Novita Mayos (Teknik pertanian dan biosistem)
I Gusti Ngurah Apriadi Aviantara (Program Studi Teknik Pertanian dan Biosistem, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Udayana, Badung, Bali, Indonesia)
I Nyoman Sucipta (Program Studi Teknik Pertanian dan Biosistem, Fakultas Teknologi Pertanian, Universitas Udayana, Badung, Bali, Indonesia)



Article Info

Publish Date
11 Sep 2023

Abstract

Strawberry is a fruit plant that has high economic value. This study aims to determine the marketing distribution channels for strawberries from farmers in Baturiti to final consumers and calculate the marketing margins obtained on each distribution channel. This research was carried out in Candikuning Village, Baturiti District, Tabanan Regency. This research was conducted in September-October 2022. This research used a survey method using a sampling technique, namely purposive and snowball sampling. The populations observed were farmers, collectors, market traders and consumers totaling 35 respondents. There are 3 distribution channels for strawberries in Baturiti, Tabanan Regency, from farmers in Baturiti to final consumers, namely Line I (Farmer - Collectors - Traditional/Modern traders - Consumer), Line II (Farmer - Collectors - Hotels/Restaurants), Line III (Farmer - Collectors - Strawberry Processing Factory). Marketing margin and profit margin on each distribution channel of strawberries in Baturiti, Tabanan Regency from farmers in Baturiti to the final consumer, namely in line I the marketing margin is IDR 10.000,00./kg and profit margin is IDR 5.875,00/kg, Line II margin marketing IDR 13.000,00/kg and profit margin IDR 8.875,00/kg, Line III marketing margin IDR 13.000,00/kg and profit margin IDR 9.250,00/kg. Stroberi merupakan salah satu tanaman buah-buahan yang mempunyai nilai ekonomi yang tinggi. Penelitiaan ini bertujuan untuk mengetahui jalur distribusi pemasaran buah stroberi dari petani Di Baturiti hingga ke konsumen akhir dan menghitung margin pemasaran yang diperoleh pada setiap jalur distribusi.Penelitiaan ini dilaksanakan di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan. Penelitiaan ini dilakukan pada bulan September-Oktober 2022. Penelitiaan ini menggunakan metode survei yang menggunakan Teknik pengambilan sampel yaitu purposive dan snowball sampling. Populasi yang diamati adalah petani, pengepul, pedagang pasar dan konsumen yang totalnya berjumlah 35 responden. Terdapat 3 jalur distribusi buah stroberi di Baturiti, Kabupaten Tabanan dari petani di Baturiti hingga ke konsumen akhir yaitu Jalur I (Petani - Pengepul - Pedagang pasar Tradisional/Modern - Konsumen), Jalur II (Petani - Pengepul Hotel/Restaurant), Jalur III (Petani - Pengepul - Pabrik Pengolahan Stroberi). Margin pemasaran dan margin keuntungan pada setiap jalur distribusi buah stroberi di Baturiti, Kabupaten Tabanan dari petani di Baturiti hingga ke konsumen akhir yaitu pada jalur I margin pemasaran sebesar Rp 10.000,00/kg dan margin keuntungan sebesar Rp 5.875,00/kg, Jalur II margin pemasaran sebesar Rp 13.000,00/kg dan margin keuntungan sebesar Rp 8.875,00/kg, Jalur III margin pemasaran sebesar Rp 13.000,00/kg dan margin keuntungan sebesar Rp 9.250,00/kg.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

beta

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology

Description

Jurnal BETA (Biosistem dan Teknik Pertanian) memuat hasil penelitian di bidang teknik biosistem (biosystem engineering). Cakupan dari jurnal ini merentang dari aplikasi ilmu keteknikan untuk pertanian. Diantara bidang ilmu tersebut, yang menjadi fokus adalah Bidang Manajemen Keteknikan Pertanian, ...