Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar fisika yang masih di bawah KKM. Masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X di SMA Negeri Jayaloka?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X di SMA Negeri Jayaloka. Jenis peenelitian ini yaitu kuantitatif dengan metode True Eksperimental Design, desain yang digunakan adalah Pre-test post-test control grodup design. Populasi dalam penlitian ini adalah seluruh siswa Kelas X MIPA di SMA Negeri Jayaloka yang berjumlah 135 siswa. Dua kelas menjadi sampel diperoleh dengan menggunakan teknik simple random sampling, yaitu kelas X MIPA 4 berjumlah 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 3 berjumlah 33 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan teknik tes yang berbentuk soal essay sebanyak 5 soal. Teknik analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil analisis dengan uji t terhadap nilai akhir dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima karena sesuai kriteria thitung > ttabel yaitu 5,48 > 1,997. Jadi, ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Learning Cycle 7E terhadap hasil belajar fisika siswa kelas X di SMA Negeri Jayaloka.
Copyrights © 2023