Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi
Vol. 7 No. 2 (2023): Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi

Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif melalui Model Pembelajaran PjBL Materi Industri Non-Bank di SMAN 13 Palembang

Hayril Aldy (Universitas Sriwijaya)
Neli Sukmawati (Sekolah Menengah Atas Negeri 13 Palembang)
Siti Fatimah (Universitas Sriwijaya)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dengan bantuan  model pembelajaran Project Based Learning materi industri non-bank pada peserta didik kelas X.3 di SMAN 13 Palembang. Pelakasanaan penelitian ini di SMA Negeri 13 Palembang pada semester genap tahun pelajaran 2022-2023 dengan subjek penelitian kelas X.3 berjumlah 39 siswa. Prosedur penelitian tindakan kelas mencakup perencanaan, pelaksanaan tindakan observasi, dan refleksi yang bersifat siklus. Metode penelitian ini adalah data kuantitatif yang diperoleh dari hasil tes peserta didik selama proses pembelajaran. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukkan adanya peningkatan rerata berpikir kreatif pada siklus I ke siklus II sebesar 56,40%. Kemudian adanya peningkatan pada siklus II ke siklus III sebesar 7,69% dan peningkatan pada siklus I ke siklus III sebesar 64,09%, pada kategori penilaian sangat baik. Disarankan pendidik dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik dalam memberikan gagasan untuk menyelesaikan masalah

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

neraca

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Neraca: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Ekonomi Akuntansi was first printed in Juni 2017 with register number ISSN 2580-2690 (Print), 2615-3025 (Online) and published bay study program education accounting FKIP University PGRI of Palembang. Journal of Neraca include the results of the qualitative ...