Jurnal Vokatif: Pendidikan Bahasa, Kebahasaan, dan Sastra
Vol. 1 No. 1 (2024)

KEMAMPUAN BERCERITA TENTANG TOKOH IDOLA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BONE-BONE KABUPATEN LUWU UTARA

Risna Dameria (Universitas Cokroaminoto Palopo)



Article Info

Publish Date
03 Feb 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan bercerita tentang tokoh idola siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bone-Bone Kabupaten Luwu Utara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang melibatkan satu kelompok. Penelitian ini didesain secara deskriptif. Sampel pada penelitian ini, yaitu siswa kelas VII.2 yang ditentukan secara purpose sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan rekaman. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang diperoleh siswa kelas VII.2 SMP Negeri 1 Bone-Bone Kabupaten Luwu Utara dalam bercerita tentang tokoh idola, yaitu 80,36. Nilai rata-rata tersebut diperoleh dari sampel yang mendapat nilai 90 berjumlah 1 (3,6 %); sampel yang mendapat nilai 88 berjumlah 1 (3,6%); sampel yang mendapat nilai 87 berjumlah 2 (7,1%); sampel yang mendapat nilai 86 berjumlah 2 (7,1%); sampel yang mendapat nilai 84 berjumlah 2 (7,1%); sampel yang mendapat nilai 83 berjumlah 4 (14,3%); sampel yang mendapat nilai 81 berjumlah 1 (3,6%); sampel yang mendapat nilai 80 berjumlah 3 (10,7%); sampel yang mendapat nilai 79 berjumlah 2 (7,1%); sampel yang mendapat nilai 78 berjumlah 3 (10,7%); sampel yang mendapat nilai 77 berjumlah 2 (7,1%); sampel yang mendapat nilai 75 berjumlah 1 (3,6%); sampel yang mendapat nilai 74 berjumlah 1 (3,65); sampel yang mendapat nilai 70 berjumlah 3 (10,7%). Berdasarkan data tersebut dikonfirmasikan dengan KKM sekolah, maka kemampuan bercerita tentang tokoh idola siswa kelas VII.2 SMP Negeri 1 Bone-Bone Kabupaten Luwu Utara yang mendapat nilai 75 ke atas sebanyak 24 sampel sampel (86%), sedangkan siswa yang mendapat nilai di bawah 75 sebanyak 4 sampel (14%). Dilihat dari tolok ukur kemampuan, siswa sudah dapat dikatakan mampu karena siswa yang memperoleh nilai 75 ke atas mencapai lebih dari 85%.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

vokatif

Publisher

Subject

Humanities Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnal Vokatif: Pendidikan Bahasa, Kebahasaan, dan Sastra merupakan jurnal dengan double blind peer reviewed yang berkaitan dengan Pendidikan Bahasa, Kebahasaan, Sastra dan budaya. Tujuan artikel ini adalah untuk mempublikasikan penelitian dengan kualitas terbaik yang memperluas pemahaman tentang ...