cover
Contact Name
Admin Vokatif
Contact Email
jurnalvokatif@gmail.com
Phone
+6285261455244
Journal Mail Official
jurnalvokatif@gmail.com
Editorial Address
https://etdci.org/journal/vokatif/EditorialTeam
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
Jurnal Vokatif: Pendidikan Bahasa, Kebahasaan, dan Sastra
ISSN : -     EISSN : 30465931     DOI : http://dx.doi.org/10.51574/Vokatif
Jurnal Vokatif: Pendidikan Bahasa, Kebahasaan, dan Sastra merupakan jurnal dengan double blind peer reviewed yang berkaitan dengan Pendidikan Bahasa, Kebahasaan, Sastra dan budaya. Tujuan artikel ini adalah untuk mempublikasikan penelitian dengan kualitas terbaik yang memperluas pemahaman tentang bagaimana individu mengonstruksi, mengolah, mengkomunikasikan, menerapkan, dan memahami Pendidikan Bahasa, Kebahasaan, Sastra dan budaya. Jurnal Vokatif: Pendidikan Bahasa, Kebahasaan, dan Sastra menyambut baik penelitian kuantitatif, kualitatif serta penelitian mixed dengan analisa yang berkualitas tinggi. Jurnal ini berfokus pada penelitian tentang Pendidikan Bahasa, Kebahasaan, dan Sastra. Kami mendorong penulis untuk mengirimkan artikel yang melanjutkan, memperluas, memodifikasi, atau menantang temuan yang telah diterbit pada suatu jurnal. Partisipan yang diharapkan dalam jurnal ini meliputi para peneliti yang berkonsentrasi pada Pendidikan Bahasa, Kebahasaan, Sastra dan budaya.
Articles 13 Documents
KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN EKSPOSISI MELALUI METODE DEMONSTRASI SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH PALOPO Hasmawati Saleh
Jurnal Vokatif: Pendidikan Bahasa, Kebahasaan, dan Sastra Vol. 1 No. 1 (2024)
Publisher : Education and Talent Development Center Indonesia (ETDC Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui kemampuan menulis karangan eksposisi melalui metode demonstrasi siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Palopo. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian ini berbentuk deskripsi. Populasi dalam penelitian sekaligus menjadi sampel penelitian yang berjumlah 38 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan tidak ada siswa yang berada pada kategori kurang dan sangat kurang, kategori sangat baik diperoleh 18 siswa dengan persentase (47,36%), kategori baik diperoleh 17 siswa dengan persentase (44,73%), kategori cukup diperoleh 3 siswa dengan persentase (7,89%). Klasifikasi ketuntasan siswa yang memeroleh nilai ≥75 sebanyak 34 siswa atau 89,49%, sedangkan sampel yang memeroleh nilai ≤74 sebanyak 4 siswa atau 10,5%. Sehingga, siswa dikatakan mampu dalam menulis karangan eksposisi melalui metode demonstrasi siswa kelas VII SMP Muhammadiyah Palopo.
KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI MENGGUNAKAN MEDIA WALL CHART SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 PALOPO Asriana
Jurnal Vokatif: Pendidikan Bahasa, Kebahasaan, dan Sastra Vol. 1 No. 1 (2024)
Publisher : Education and Talent Development Center Indonesia (ETDC Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis karangan argumentasi menggunakan media wall chart siswa kelas XI SMK Negeri 1 Palopo. Desain penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif, populasi dari penelitian ini yaitu keseluruhan siswa kelas XI SMK Negeri 1 Palopo, dan sampel penelitian ini yaitu kelas XI administrasi 5 SMK Negeri 1 Palopo yang berjumlah 27 orang. Teknik pengumpulan data terdiri dari dua teknik, yang pertama adalah teknik observasi, yang kedua adalah teknik tes. Hasil dari penelitian ini adalah kemampuan siswa kelas XI SMK Negeri 1 Palopo dalam menulis karangan argumentasi belum mampu. Hal ini dilihat dari nilai rata-rata yang diperoleh secara umum, yaitu 60% yang apabila dikategorikan dari skala lima berada pada kategori cukup. Dilihat dari segi persentase, nilai 85-100 diperoleh 0 siswa. Nilai 75-84 diperoleh 9 siswa yang tergolong baik. Nilai 60-74 diperoleh 1 siswa yang tergolong cukup. Nilai 40-59 diperoleh 11 siswa yang tergolong kurang. Nilai 0-39 diperoleh 0 siswa yang tergolong gagal.
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR DALAM MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA KELAS X SMA NEGERI 2 BELOPA KABUPATEN LUWU Aniarti
Jurnal Vokatif: Pendidikan Bahasa, Kebahasaan, dan Sastra Vol. 1 No. 1 (2024)
Publisher : Education and Talent Development Center Indonesia (ETDC Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil penerapan media gambar dalam meningkatkan kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas X SMA Negeri 2 Belopa. Jenis penelitian ini yaitu menggunakan metode penelitian eksperimen dimana terdapat dua kelompok yang masing-masing dipilih secara random (R), kelompok pertama diberi perlakuan dengan media gambar disebut kelompok eksperimen dan kelompok kedua diberi perlakuan model pembelajaran konvensional atau yang lazim digunakan oleh guru disebut kelompok kontrol. Lokasi atau objek penelitian ini adalah SMA Negeri 2 Belopa Kabupaten Luwu. Hasil penelitian membuktikan bahwa kemampuan awal siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol tidak sama. Kedua kelas menunjukkan hasil yang tidak berimbang dimana nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 81,00 dan nilai rata-rata di kelas kontrol yaitu 63,53. Dilakukan perlakuan, diketahui bahwa kemampuan dari kelas eksperimen yaitu kelas yang menggunakan media gambar lebih baik dari pada kelas kontrol. Hasil analisis statistik uji t-test membuktikan bahwa hasil t hitung sebesar -11,014 dan nilai signifikan pengujian adalah 0,000 dengan α = 0,05 dapat disimpulkan bahwa nilai α = 0,05 > signifikan 0,000 . H1 diterima H0 ditolak. Artinya, media gambar efektif digunakan untuk menulis karangan deskripsi bagi siswa kelas X SMA Negeri 2 Belopa Kabupaten Luwu.
ANALISISI LAGU IWAN FALS MENGGUNAKAN ANALISIS SEMIOTIK ROLAND BARTHES Suparman Suparman
Jurnal Vokatif: Pendidikan Bahasa, Kebahasaan, dan Sastra Vol. 1 No. 1 (2024)
Publisher : Education and Talent Development Center Indonesia (ETDC Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Representasi kelas sosial dan pertentangannya diungkapkan melalui peng-ontrasan. Kelas bawah direpresentasikan sebagai rakyat kecil, yang kondisi kehidupannya sangat kontras berbeda dengan kalangan yang menikmati kue pem-bangunan. Dua kelas ini merupakan pencerminan kondisi sosial di era Orde Baru, di mana pertumbuhan ekonomi cukup baik, tetapi terdapat kesenjangan sosial yang lebar, antara kelompok yang sukses dan kelompok masyarakat yang terpuruk atau tertinggal dalam pembangunan. Kelas atas ditampilkan sebagai orang-orang yang menikmati kue pembangunan, punya banyak uang, punya harta dan rumah mewah, punya jabatan tinggi, berkuasa, bisa ber-buat semaunya, hidup enak dan nyaman. Mereka asyik dengan kenikmatan hidupnya sendiri, dan tidak perduli dengan hidup orang lain yang ditindas atau menjadi korban aksi manipulasinya. Pertentangan kedua kelas tersebut diungkapkan dengan mengkontraskan kondisi sosial, harapan dan kenyataan antara kedua kelas tersebut. Kesenjangan sosial antara kedua kelas itu tak terjembatani karena tidak ada cara yang dapat ditempuh oleh kelompok masyarakat miskin untuk dapat meningkatkan status sosial mereka.
KEMAMPUAN BERCERITA TENTANG TOKOH IDOLA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 BONE-BONE KABUPATEN LUWU UTARA Risna Dameria
Jurnal Vokatif: Pendidikan Bahasa, Kebahasaan, dan Sastra Vol. 1 No. 1 (2024)
Publisher : Education and Talent Development Center Indonesia (ETDC Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kemampuan bercerita tentang tokoh idola siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bone-Bone Kabupaten Luwu Utara. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang melibatkan satu kelompok. Penelitian ini didesain secara deskriptif. Sampel pada penelitian ini, yaitu siswa kelas VII.2 yang ditentukan secara purpose sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi, tes, dan rekaman. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata yang diperoleh siswa kelas VII.2 SMP Negeri 1 Bone-Bone Kabupaten Luwu Utara dalam bercerita tentang tokoh idola, yaitu 80,36. Nilai rata-rata tersebut diperoleh dari sampel yang mendapat nilai 90 berjumlah 1 (3,6 %); sampel yang mendapat nilai 88 berjumlah 1 (3,6%); sampel yang mendapat nilai 87 berjumlah 2 (7,1%); sampel yang mendapat nilai 86 berjumlah 2 (7,1%); sampel yang mendapat nilai 84 berjumlah 2 (7,1%); sampel yang mendapat nilai 83 berjumlah 4 (14,3%); sampel yang mendapat nilai 81 berjumlah 1 (3,6%); sampel yang mendapat nilai 80 berjumlah 3 (10,7%); sampel yang mendapat nilai 79 berjumlah 2 (7,1%); sampel yang mendapat nilai 78 berjumlah 3 (10,7%); sampel yang mendapat nilai 77 berjumlah 2 (7,1%); sampel yang mendapat nilai 75 berjumlah 1 (3,6%); sampel yang mendapat nilai 74 berjumlah 1 (3,65); sampel yang mendapat nilai 70 berjumlah 3 (10,7%). Berdasarkan data tersebut dikonfirmasikan dengan KKM sekolah, maka kemampuan bercerita tentang tokoh idola siswa kelas VII.2 SMP Negeri 1 Bone-Bone Kabupaten Luwu Utara yang mendapat nilai 75 ke atas sebanyak 24 sampel sampel (86%), sedangkan siswa yang mendapat nilai di bawah 75 sebanyak 4 sampel (14%). Dilihat dari tolok ukur kemampuan, siswa sudah dapat dikatakan mampu karena siswa yang memperoleh nilai 75 ke atas mencapai lebih dari 85%.
KEEFEKTIFAN METODE TEAM GAMES TOURNAMENT PADA PEMBELAJARAN BERBICARA SMP NEGERI 1 BASTEM KABUPATEN LUWU Abd. Rahim Ruspa; Nirwana Nirwana; Marlia Muklim
Jurnal Vokatif: Pendidikan Bahasa, Kebahasaan, dan Sastra Vol. 1 No. 1 (2024)
Publisher : Education and Talent Development Center Indonesia (ETDC Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keefektifan metode Team Games Tournament pada pembelajaran berbicara SMP Negeri 1 Bastem Kabupaten Luwu. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Bastem yang berjumlah 20 siswa. Objek penelitian adalah keterampilan berbicara. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Team Games Tournament pada keterampilan berbicara siswa efektif atau meningkat dibuktikan dari skor rata-rata siswa yaitu skor rata-rata pretest 69,90 berada pada interval 65-79 yang dikategori sedang dan skor rata-rata posttest menunjukkan nilai rata-rata yang diperoleh siswa 83,35 berada pada interval 80-89 dikategori tinggi.
ASESSING STUDENTS’ CRITICAL READING UNDERSTANDING OF ENGLISH EDUCATION STUDY PROGRAM AT COKROAMINOTO UNIVERSITY OF PALOPO Rahmawati Upa; Reski Yusrini Islamiyah Yunus; Sri Damayanti
Jurnal Vokatif: Pendidikan Bahasa, Kebahasaan, dan Sastra Vol. 1 No. 1 (2024)
Publisher : Education and Talent Development Center Indonesia (ETDC Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

This research aims at examining critical reading understanding of the English Education Study Program students at Cokroaminoto Palopo University, this research is qualitative research and the type of research is descriptive research. The population in this research was the fourth semester students which consist of 44 students, and the sample is 10 students were taken using purposive sampling technique. The data of this research was collected through critical reading test and then the data were analyzed and categorized based on the rubric developed by Brown (2018). Based on the results of research and data analysis, it was concluded that generally the students already use critical reading, although there are several categories in critical reading which cannot be fully understood, the students already understand what is critical reading and how to use it in English reading texts. Dealing with the understanding, four of the students are categorized into mastering category, four are categorized into developing and only two of them is categorized into emerging.
PENTINGNYA PELATIHAN ANAK: EPIK WE CUDAI MELAHIRKAN I LA GALIGO Fitriansal Fitriansal; Ahmad Rizal Abdullah; Bungatang Bungatang
Jurnal Vokatif: Pendidikan Bahasa, Kebahasaan, dan Sastra Vol. 1 No. 1 (2024)
Publisher : Education and Talent Development Center Indonesia (ETDC Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pentingnya nilai-nilai pelatihan dalam epik I La Galigo diharapkan menjadi referensi untuk penelitian lain dan menjadi pertimbangan dalam melaksanakan pengembangan pendidikan yang ada di Indonesia. Memberikan kesadaran tentang adanya nilai pelatihan yang terkandung pada kearifan lokal sebagai warisan yang dimiliki di Indonesia sehingga bisa memberikan sudut pandang pengembangan pendidikan di Indonesia. Penelitian ini menggunakan metode reflektif/refleksi dengan kajian hermenutika Schleiermacher tentang analisis teks dan rekontruksi teks Data yang digunakan sebagai objek kajian adalah naskah epik I La Galigo episode We Cudai Melahirkan I La Galigo. Data dianalasis sesuai dengan nilai-nilai pedagogik yakni pentingnya nilai pelatihan. Pada epik We Cudai Melahirkan I Lagaligo terdapat nilai pelatihan tentang penanaman keterampilan jasmani terhadap peserta didik atau anak.
ANALISIS TINDAK TUTUR EKSPRESIF WARGANET DALAM KOLOM KOMENTAR DI AKUN INSTAGRAM @GIBRAN_RAKABUMING Dwi Aprilia; Fajar Setiawan; Firmansyah NST
Jurnal Vokatif: Pendidikan Bahasa, Kebahasaan, dan Sastra Vol. 1 No. 2 (2024)
Publisher : Education and Talent Development Center Indonesia (ETDC Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Komentar warganet terhadap caption “Instagram” apabila ditelaah lebih jauh banyak mengandung jenis tindak tutur. Salah satu jenis tindak tutur dalam caption adalah tindak tutur ekspresif. Tindak tutur ekspresif adalah jenis tindak tutur yang menyatakan penutur (perasaan atau sikap). Tindak tutur ini mengekspresikan keadaan psikologis berupa pernyataan rasa senang, sedih, suka, tidak suka, duka, kesulitan, kebencian, dan kesengsaraan. Namun, dalam penelitian lebih difokuskan kepada kesantunan ekspresif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesantunan ekspresif warganet terhadap caption instagram Gibran rakabuming raka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan kajian pragmatik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dokumentasi. Teknik dokumentasi dengan membaca komentar warganet terhadap caption Gibran raka buming raka yang merupakan sumber data penelitian, secara kritis dan teliti. Teknik analisi data mencakup empat tahap yaitu pengumpulan data, reduksi data, tampilan data dan verifikasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa banyak terdapat kesantunan ekspresif warganet terhadap caption instagram Gibran rakabuming raka diantaranya adalah: (1) rasa senang, (2) memuji, (3) memberi semangat/motivasi dan (5) memberi nasihat
ANALISIS TINDAK TUTUR ILOKUSI DALAM LIRIK LAGU "BUNDA" OLEH POTRET: KAJIAN PRAGMATIK Fadilla Safitri; Intan Maharani
Jurnal Vokatif: Pendidikan Bahasa, Kebahasaan, dan Sastra Vol. 1 No. 2 (2024)
Publisher : Education and Talent Development Center Indonesia (ETDC Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tindak tutur ilokusi dalam lirik lagu "Bunda" oleh Potret menggunakan pendekatan pragmatik. Tindak tutur ilokusi adalah tindakan yang dilakukan melalui ucapan yang dapat mengungkapkan perasaan, permintaan, janji, dan pernyataan fakta. Lagu "Bunda" dipilih karena liriknya yang kaya akan ungkapan emosional yang mendalam dan relevan dalam konteks budaya Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data berupa lirik lagu dikumpulkan dari sumber resmi dan dianalisis menggunakan klasifikasi tindak tutur ilokusi oleh John Searle, yang meliputi tindak tutur representatif, direktif, komisif, ekspresif, dan deklaratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lirik lagu "Bunda" mengandung berbagai jenis tindak tutur ilokusi, dengan dominasi tindak tutur ekspresif yang mengungkapkan perasaan cinta, kehilangan, dan kerinduan terhadap ibu. Tindak tutur komisif terlihat dalam bentuk janji untuk selalu mengingat dan mendoakan ibu, sementara tindak tutur direktif muncul dalam permintaan maaf kepada ibu. Tindak tutur representatif digunakan untuk menyatakan peran ibu dan sifat kasih sayangnya yang tulus. Penelitian ini menunjukkan bahwa lirik lagu "Bunda" secara efektif menggunakan bahasa untuk menyampaikan pesan-pesan emosional dan memperkuat hubungan sosial antara anak dan ibu. Temuan ini juga memperkaya pemahaman kita tentang penggunaan bahasa dalam konteks seni dan budaya, serta pentingnya analisis pragmatik dalam memahami komunikasi verbal.

Page 1 of 2 | Total Record : 13