JURNAL PARADIGMA: Journal of Sociology Research and Education
Vol. 5 No. 1 (2024): (JUNI 2024) JURNAL PARADIGMA: Journal of Sociology Research and Education

Transformasi Kesehatan berbasis Kearifan Lokal di Indonesia

Supriyanti Supriyanti (Poltekkes Kemenkes Aceh)
Suhartini Suhartini (Akademi Farmasi Yamasi)
Ritawati Ritawati (Poltekkes Kemenkes Aceh)
Nurhayati Nurhayati (Poltekkes Kemenkes Aceh)
Eka Oktarina Riani (Poltekkes Kemenkes Aceh)
Eka Warnidar (Poltekkes Kemenkes Aceh)
Lathifa Hanum (Poltekkes Kemenkes Aceh)



Article Info

Publish Date
29 May 2024

Abstract

Indonesia memiliki kekayaan kearifan lokal dalam bidang kesehatan yang beragam dan telah diwariskan secara turun-temurun oleh berbagai suku dan budaya. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis transformasi kesehatan berbasis kearifan lokal di Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur secara sistematis. Pencarian literatur dilakukan pada basis data elektronik seperti PubMed, Scopus, dan Web of Science, serta sumber-sumber lain yang relevan, dengan menggunakan kata kunci dan kriteria inklusi/eksklusi yang spesifik. Analisis isi (content analysis) dilakukan terhadap sumber-sumber literatur yang telah dikumpulkan secara sistematis. Proses coding dan kategorisasi data dilakukan secara induktif untuk memfasilitasi analisis dan interpretasi. Triangulasi sumber data dan peer review digunakan untuk meningkatkan kredibilitas penelitian. Temuan penelitian menunjukkan adanya upaya integrasi kearifan lokal dalam bidang kesehatan ke dalam sistem kesehatan modern, meskipun terdapat tantangan seperti regulasi yang belum memadai, kurangnya standarisasi, dan kolaborasi yang terbatas dengan tenaga kesehatan konvensional. Peran pemerintah dan kolaborasi antara berbagai pemangku kepentingan seperti akademisi, organisasi masyarakat, dan praktisi kesehatan sangat penting untuk mendukung transformasi kesehatan berbasis kearifan lokal yang efektif dan berkelanjutan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

paradigma

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

We welcome research articles, theoretical, policy reviews, or methodological reviews, to be submitted to our journals within the following research areas: Learning, Teaching and Educational Development Social Change, Cultural, and Community Development Rural and Urban Ecological Societies Family, ...