Jurnal Didactical Mathematics
Vol. 6 No. 1 (2024): April 2024

Systematic Literatur Review : Pengaruh Media Sosial terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa

Dwi Suchi Rahayu (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Depriwana Rahmi (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Annisah Kurniati (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)
Suci Yuniati (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau)



Article Info

Publish Date
28 Mar 2024

Abstract

Hasil belajar matematika siswa masih belum sesuai dengan harapan guru, dan masih tergolong rendah. Faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya hasil belajar siswa salah satunya adalah pengunaan media sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh penggunaan media sosial terhadap hasil belajar siswa. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode SLR (Systematic Literatur Review). Peneliti menerapkan metode ini dengan melakukan identifikasi, analisis, evaluasi dan interpretasi terhadap semua penelitian yang ada. Data dikumpulkan untuk direview dari semua artikel atau jurnal sesuai dengan yang dikaji. Setelah mengkaji semua artikel atau jurnal yang dipublikasikan dalam 10 tahun terakhir, analisis menunjukkan adanya korelasi antara penggunaan media sosial dan hasil belajar matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengunaan media sosial memberikan dampak positif terhadap hasil belajar matematika dengan memberikan kemudahan siswa untuk mencari sumber pembelajaran. Contohnya, siswa dapat menonton video pembelajaran matematika di berbagai platform media sosial seperti youtube, facebook, whatsapp, instagram dan tiktok. Selain itu, media sosial juga dapat digunakan sebagai alat atau media dalam pembelajaran. Sedangkan dampak negatif dari penggunaan media sosial apabila youtube, facebook, whatsapp, instagram, tiktok, dan berbagai media sosial lainnya digunakan untuk hal-hal yang kurang penting, sehingga siswa lalai. Hal tersebut akan menyebabkan beberapa orang kesulitan untuk melepaskan diri dari ketergantungan pada media sosial, sehingga hasil belajar matematikanya rendah.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

dm

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

The scope of scientific articles that can be published in Jurnal Didactical Mathematics are as follows: Mathematics Education and Teaching, Method / Model / Strategy for Learning Mathematics, Media and Multimedia Learning Mathematics, Curriculum in Mathematics Teaching, Assessment and Evaluation in ...