Jurnal Bisnis
Vol. 10 No. 1 (2022): Juni

Pengaruh perputaran piutang dan arus kas terhadap likuiditas dengan profitabilitas sebagai variabel intervening (studi empiris pada perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia)

Ratih Andriani (Program Studi D3 Akuntansi STIEB Perdana Mandiri, Purwakarta)
Dewi Widiarti (Program Studi S1 Akuntansi STIEB Perdana Mandiri, Purwakarta)
Rita Yunita Resmi (Program Studi S1 Akuntansi STIEB Perdana Mandiri, Purwakarta)



Article Info

Publish Date
19 Jun 2022

Abstract

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh perputaran piutang dan arus kas terhadap likuiditas dengan profitabilitas sebagai variabel intervening, studi kasus pada perusahaan farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Metodologi/Pendekatan: Penelitian ini dilakukan dengan metode kuantitatif, dengan mengambil data sekunder yaitu laporan keuangan diakses melalui www.idx.co.id. Sampel perusahaan yang digunakan adalah 3 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada sektor farmasi yaitu, PT. Kalbe Farma Tbk, PT. Tempo Scan Pacific Tbk dan PT. Darya Varia Laboratoria Tbk. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Metode analisis yang digunakan adalah path analysis dengan menggunakan bantuan program SPSS versi 20.0. Hasil: Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh signifikan perputaran piutang terhadap likuiditas, terdapat pengaruh signifikan arus kas terhadap likuiditas dengan dan tidak terdapat pengaruh signifikan profitabilitas terhadap likuiditas. Tidak terdapat pengaruh Perputaran piutang terhadap profitabilitas, terdapat pengaruh signifikan arus kas terhadap profitabilitas. Kebaruan: Penelitian ini berkontribusi terhadap literatur mengenai hubungan perputaran piutang, arus kas, likuiditas, dan profitabilitas pada perusahaan di Indonesia.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ilejurnalojs

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Bisnis merupakan jurnal ilmiah untuk bidang ilmu akuntansi yang berfokus pada isu-isu kontemporer, seperti:  1. Manajemen Pemasaran 2. Manajemen Keuangan & Perbankan 3. Manajemen SDM 4. Manajemen Operasi & SIM 5. Kewirausahaan 6. Akuntansi Keuangan 7. Akuntansi Manajemen 8. Audit 9. ...