cover
Contact Name
Ika Jatnika
Contact Email
jatnika@stieb-perdanamandiri.ac.id
Phone
+6281910057109
Journal Mail Official
jurnal-bisnis@stieb-perdanamandiri.ac.id
Editorial Address
Jl. Veteran No.74, Nagri Kaler, Kec. Purwakarta, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat 41115
Location
Kab. purwakarta,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Bisnis
ISSN : 23380411     EISSN : 30482151     DOI : 10.62739
Core Subject : Economy,
Jurnal Bisnis merupakan jurnal ilmiah untuk bidang ilmu akuntansi yang berfokus pada isu-isu kontemporer, seperti:  1. Manajemen Pemasaran 2. Manajemen Keuangan & Perbankan 3. Manajemen SDM 4. Manajemen Operasi & SIM 5. Kewirausahaan 6. Akuntansi Keuangan 7. Akuntansi Manajemen 8. Audit 9. Perpajakan 10. SIstem Informasi Akuntansi 11. Manajemen Keuangan 12. Akuntansi Syariah 13. Komprehensif Isu dalam Akuntansi 14. Pendidikan Akuntansi 15. Pendidikan Bisnis 16. Pembangunan Ekonomi  17. Pembangunan Berkelanjutan  18. Keuangan Keberlanjutan 19. Ekonomi Ramah Lingkungan  20. Eco-tourism  21. Inovasi Energi dan Manajemen Kebencanaan untuk Pemulihan Ekonomi 22. Sistem Kesehatan Lingkungan  23. Ekonomi dan Keuangan Islami 24. Ekonomi Digital  25. Teknologi Keuangan  26. Ekonomi Hijau dan Manajemen Sumberdaya Alam
Articles 64 Documents
Pengaruh struktur modal dan profitabilitas terhadap nilai perusahaan Tita Nurmala; Yulia Komala; Ratih Andriani
Jurnal Bisnis Vol. 11 No. 1 (2023): Juni
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Bisnis Perdana Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah struktur modal dan profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan pada perusahaan yang masuk indeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia. Metodologi/Pendekatan: Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menjadikan variabel struktur modal dan profitabilitas sebagai variabel independen, di mana nilai perusahaan sebagai variabel dependennya. Data sekunder yang digunakan bersumber dari laporan keuangan. 18 sampel digunakan dalam penelitian yang merupakan perusahaan yang masuk indeks LQ45 di Bursa Efek Indonesia periode 2015 sampai dengan 2020 menggunakan teknik purposive sampling. Data yang diperoleh dianlisis menggunakan software SPSS. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sruktur modal berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, struktur modal dan profitabilitas secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Implikasi Praktis: Penelitian ini berkontribusi terhadap literatur mengenai hubungan antara struktur modal, profitabilitas, dan nilai perusahaan di pasar modal Indonesia, khususnya pada perusahaan yang terdaftar di indeks LQ45. Kebaruan: Penelitian ini berfokus pada pasar modal di Indonesia dan perusahaan yang terdaftar dalam indeks LQ45.
Implementasi UU nomor 7 tahun 2021 tentang harmonisasi perpajakan atas PPN PT X Eko Wiji Pamungkas
Jurnal Bisnis Vol. 11 No. 1 (2023): Juni
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Bisnis Perdana Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan: Penelitian ini bermaksud untuk membahas tentang pelaksanaan penghitungan Pajak Pertambahan Nilai pada PT X apakah sudah sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan. Metodologi/Pendekatan: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil: hasil penelitian ini menemukan bahwa perhitungan pajak telah sesuai dengan peraturan perpajakan terbaru dan PT X sebagai Wajib Pajak telah melaksanakan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Implikasi Praktis: Implikasi praktis dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kesadaran wajib pajak dalam melaksanakan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2021 Tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan. Kebaruan: Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan literatur mengenai perpajakan dan implementasinya.
Pengaruh debt to equity ratio (DER) terhadap earning per share (EPS) pada perusahaan ritel Rahmawaty Arifiani; Dewi Widiarti; Ricky Ekaristy Purwadi
Jurnal Bisnis Vol. 11 No. 1 (2023): Juni
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Bisnis Perdana Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan: Menganalisis pengaruh debt to equity ratio (DER) terhadap earning per share (EPS) pada perusahaan ritel. Objek yang digunakan dalam penelitian ini adalah debt to equity ratio dan earning per share. Metodologi/Pendekatan: Metode yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis penelitian deskriptif asosiatif. Teknik pengambilan sampel adalah non-probabilistic sampling, yang juga disajikan dengan teknik objective sampling. Sampel yang digunakan terdiri dari 30 data metrik keuangan untuk setiap tahun (2011-2020) dari masing-masing tiga perusahaan. Hasil: DER berpengaruh negatif signifikan terhadap EPS, dengan EPS dipengaruhi 55% oleh DER dan sisanya 45% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Implikasi Praktis: Digunakan sebagai pandangan atau masukan yang bervariasi bagi perusahaan. Kebaruan: Data yang digunakan adalah data cross-sectional dari tiga peritel sejenis dan masing-masing sepuluh tahun (2011-2020) dan data sekunder. Metode pengumpulan data adalah observasi non-partisipan
Pengaruh burnout terhadap kinerja Ujang Saepulloh; Dedy Trisnadi
Jurnal Bisnis Vol. 11 No. 1 (2023): Juni
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Bisnis Perdana Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran burnout, kinerja dan pengaruh burnout terhadap kinerja pada guru PNS SMA Negeri 1 Pasawahan Kabupaten Purwakarta. Metodologi/Pendekatan: Responden dari penelitian ini adalah Guru Pegawai Negeri Sipil (PNS) di SMA Negeri 1 Pasawahan Kabupaten Purwakarta, dengan menggunakan metode kuantitatif pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner. Teknik analisis data menggunakan software SPSS versi 26.0. Hasil: Hasil Penelitian mengungkapkan bahwa burnout yang dilakukan responden sebesar 79,45% dengan skor kriterium sebesar 1,311 mengartikan pada daerah tinggi, untuk kinerja mendapat presentase sebesar 80,66% dengan skor kriterium sebesar 1,331 mengartikan berada pada daerah tinggi dan pengaruh burnout terhadap Kinerja dengan presentase sebesar 60,6% sedangkan sisanya 39,4% dipengaruhi faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Implikasi Praktis: Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru PNS di SMA Negeri 1 Pasawahan Kabupaten Purwakarta mengalami tingkat burnout yang tinggi. Ini mengindikasikan perlunya upaya yang lebih besar dalam manajemen stres dan burnout di kalangan guru. Sekolah dan pihak berwenang perlu memberikan dukungan psikologis, pelatihan manajemen stres, dan strategi pemulihan kepada guru untuk mengatasi burnout. Kebaruan: Penelitian ini berkontribusi terhadap perkembangan literatur tentang kondisi burnout dan kinerja guru.
Pengaruh lingkungan kerja terhadap produktivitas kerja karyawan bagian produksi line hm-011b CV Hanami Electrindo Purwakarta Patriot Nusa; Winda Suci Lestari Nasution
Jurnal Bisnis Vol. 11 No. 1 (2023): Juni
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Bisnis Perdana Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Lingkungan Kerja Terhadap Produktivitas Kerja Karyawan Bagian Produksi Line HM-011B CV Hanami Electrindo Purwakarta Metodologi/Pendekatan: Penelitian ini menggunakan metode penelitian pendekatan kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan kuesioner atau angket. Pengembilan data dilakukan dengan metode nonprobability sampling dengan jenis sampel jenuh dengan total sampel 40 orang. Hasil: Hasil uji signifikan menunjukkan nilai thitung lebih besar dari ttabel (6,379 > 2,024), maka terdapat pengaruh signifikan antara Lingkungan Kerja dengan Produktivitas Kerja Bagian Produksi Line HM-011B CV Hanami Electrindo Purwakarta. Dapat disimpulkan bahwa variabel X (Lingkungan Kerja) memberi pengaruh positif terhadap variabel Y (Produktivitas Kerja). Hasil output SPSS ver.22 menunjukan bahwa R sebesar 0,517 atau 51,7% antara pengaruh lingkungan kerja terhadap produktivitas kerja dan sisanya 58,9% diperkirakan dipengaruhi oleh varibel lain. Kebaruan: Penelitian ini berkontribusi terhadap literatur mengenai hubungan antara struktur modal, profitabilitas, dan nilai perusahaan di pasar modal Indonesia, khususnya pada perusahaan yang terdaftar di indeks LQ45.
Pengaruh harga terhadap keputusan pembelian bata ringan pada PT Kurnia Jaya Barokah Kabupaten Purwakarta (survey pada pelanggan bata ringan PT Kurnia Jaya Barokah) Nurmaidah; Dewi Mulyani
Jurnal Bisnis Vol. 11 No. 1 (2023): Juni
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Bisnis Perdana Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh harga terhadap keputusan pembelian bata ringan pada PT Kurnia Jaya Barokah Kabupaten Purwakarta. Metodologi/Pendekatan: Objek dari penelitian ini adalah harga dengan subjek penelitian PT Kurnia Jaya Barokah. Responden dari penelitian ini adalah pelanggan bata ringan. Sampel yang diambil sejumlah 96 orang dengan metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dan metode survey. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan wawancara. Hasil: Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Harga berpengaruh secara signifikan terhadap Keputusan pembelian bata ringan pada PT Kurnia Jaya Barokah sebesar 24 %, sedangkan sisanya sebesar 76 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kebaruan: Penelitian ini berkontribusi terhadap literatur mengenai hubungan harga dengan keputusan pembelian di Indonesia.
Aspek literasi sastra dan budaya dalam diplomasi bahasa Siti Chadijah; Asep Suhana; Rani Sri Wahyuni
Jurnal Bisnis Vol. 11 No. 1 (2023): Juni
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Bisnis Perdana Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menyoroti pentingnya diplomasi dan strategi bahasa dan sastra dalam mempromosikan Bahasa Indonesia sebagai bahasa yang digunakan dalam komunikasi internasional. Dalam konteks globalisasi, hal ini bertujuan untuk meningkatkan daya tarik Bahasa Indonesia di mata masyarakat internasional. Metodologi/Pendekatan: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan kualitatif. Hasil: Penelitian ini dapat meningkatkan pemahaman dan penghargaan antarbudaya, membangun hubungan diplomatik yang baik, penguatan soft power suatu negara, yaitu daya tarik dan pengaruhnya di tingkat internasional, memperluas jejaring antarbangsa dalam menciptakan kesempatan bagi penulis, seniman, dan tokoh budaya lainnya untuk berinteraksi dan berkolaborasi di tingkat internasional, dan sastra dan budaya dapat berperan dalam menciptakan harmoni dan dialog antarbudaya. Implikasi Praktis: Memberikan dukungan terhadap Indonesia agar dapat lebih efektif dalam memanfaatkan potensi Bahasa Indonesia dan sastranya untuk memperluas pengaruhnya di dunia internasional serta memperkuat hubungan antarbangsa. Kebaruan: Memberikan kontribusi terhadap pemahaman tentang peran diplomasi dan strategi bahasa dan sastra dalam konteks Bahasa Indonesia sebagai bahasa pergaulan internasional.
Pengaruh sistem akuntansi manajemen dan sistem pengendalian manajemen terhadap kinerja manajerial Ernie Soedarwati; Dede Sopian; Daryani
Jurnal Bisnis Vol. 11 No. 1 (2023): Juni
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Bisnis Perdana Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sistem akuntansi manajemen dan sistem pengendalian manajemen terhadap kinerja manajerial. Populasi dalam penelitian ini adalah manager yang ada pada PT. Victoria Care Indonesia Tbk. Metodologi/Pendekatan: Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data primer dan kuesioner dan diolah menggunakan SPPS 20. Metode analisis dalam penelitian ini yaitu deskriptif, uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikoleniaritas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi linear berganda, uji hipotesis, uji t, uji f, dan uji korelasi koefisien. Hasil: hasil penelitian pengaruh sistem akuntansi manajemen terhadap kinerja manajerial dan pengaruh sistem pengendalian manajemen terhadap kinerja manajerial serta pengaruh sistem akuntansi manajemen dan sistem pengendalian manajemen terhadap kinerja manajerial a ada pengaruh yang signifikan. Kebaruan: Penelitian ini berkontribusi terhadap literatur mengenai hubungan antara sistem akuntansi manajemen dan sistem pengendalian manajemen terhadap kinerja manajerial.
Pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Hotel Hidden Valey Hills Kabupaten Purwakarta Eneng Ani Herawati; Dika Meirista
Jurnal Bisnis Vol. 11 No. 1 (2023): Juni
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Bisnis Perdana Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan: Penelitian ini ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui gambaran kualitas pelayanan Hotel Hidden Valley Hills Kab. Purwakarta; (2) Mengetahui gambaran kepuasan pelanggan pada Hotel Hidden Valley Hills Kab. Purwakarta; dan (3) Mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan pada Hotel Hidden Valley Hills Kab. Purwakarta. Metodologi/Pendekatan: Penelitian ini menggunakan metode kuantitaif dan metode survei. Sumber data yang digunakan primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, kuesioner dan wawancara. Teknik pengambilan sampel ini menggunakan Nonprobability sampling dengan teknik insidental. Analisis data dilakukan dengan statistik seperti uji validitas dan reabilitas untuk kuesioner. dan analisis kolerasi ganda, analisis regresi ganda dengan uji-F serta uji-t dan koefisien determinasi untuk pembuktian hipotesis. Hasil: Penelitian ini menggunakan metode kuantitaif dan metode survei. Sumber data yang digunakan primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, kuesioner dan wawancara. Teknik pengambilan sampel ini menggunakan Nonprobability sampling dengan teknik insidental. Analisis data dilakukan dengan statistik seperti uji validitas dan reabilitas untuk kuesioner. dan analisis kolerasi ganda, analisis regresi ganda dengan uji-F serta uji-t dan koefisien determinasi untuk pembuktian hipotesis. Kebaruan: Penelitian ini berkontribusi terhadap literatur mengenai hubungan kualitas pelanggan dengan kepuasan pelanggan pada hotel di indonesia.
Faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan pelanggan JNE agen Cibatu Kabupaten Purwakarta Evi Syeftia Latifah; Widiya Avianti
Jurnal Bisnis Vol. 11 No. 1 (2023): Juni
Publisher : Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi dan Bisnis Perdana Mandiri

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalisis pengaruh saluran distribusi dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan pelanggan agen JNE Cibatu Kabupaten Purwakarta Metodologi/Pendekatan: . Sumber data pada penelitian ini didapat dari kuesioner (primer) yang disebar pada responden. Populasi dari penelitian ini adalah konsumen agen JNE Cibatu Purwakarta. Sampel penelitian berjumlah 84 orang. Metode analisis penelitian yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, regresi linier berganda, uji f dan uji t. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa saluran distribusi dan kualitas pelayanan secara simultan berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Berdasarkan analisis regresi linier berganda diperoleh nilai koefisien determinasi sebesar 64,2% Faktor yang paling dominan berpengaruh adalah kualitas pelayanan dilihat dari penghitungan uji t. Nilai t hitung variabel kualitas pelayanan sebesar 12,327 dan variabel saluran distribusi sebsar 8,687. Hasil Uji F diperoleh Fhitung sebesar 75.359 dan nilai signifikan < 0,05. Implikasi Praktis: Penelitian ini memberikan masukan kepada pihak JNE untuk memberikan perhatian khusus terhadap peningkatan pelayanan dan efisiensi saluran distribusi. Kebaruan: Penelitian ini berkontribusi terhadap perkembangan literatur tentang faktor-faktor yang berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan JNE.