Tujuan: tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Gambaran layanan purna jual pada dealer Yamaha JG Purwakarta; 2) Gambaran loyalitas konsumen pada dealer Yamaha JG Purwakarta; dan 3) Seberapa besar pengaruh layanan purna jual terhadap loyalitas konsumen pada dealer Yamaha JG Purwakarta. Metodologi/Pendekatan: Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan data yang diperoleh menggunakan metode survei dan data sekunder dengan pendekatan kuantitatif yang melibatkan 96 responden. Uji regresi linear sederhana dilakukan dalam mengalasis data yang telah terkumpul menggunakan perangkat lunak SPSS v.25 Hasil: Hasil penelitian mengungkapkan bahwa tanggapan responden layanan purna jual adalah sebesar 72,26%, sedangkan keadaan loyalitas konsumen adalah sebesar 69,4%. Besarnya pengaruh layanan purna jual adalah sebesar 17% sedangkan sisanya 83% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kebaruan: Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis terhadap pengembangan literatur mengenai loyalitas konsumen.
Copyrights © 2023