Jurnal Bisnis
Vol. 11 No. 2 (2023): Desember

Pengaruh layanan purna jual terhadap loyalitas konsumen pada dealer Yamaha JG Purwakarta

Dewi Mulyani (Program Studi Administrasi Bisnis, Politeknik Perdana Mandiri, Purwakarta)
Peringatan Wawuru (Program Studi Manajemen Bisnis STIEB Perdana Mandiri, Purwakarta)



Article Info

Publish Date
05 Dec 2023

Abstract

Tujuan: tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Gambaran layanan purna jual pada dealer Yamaha JG Purwakarta; 2) Gambaran loyalitas konsumen pada dealer Yamaha JG Purwakarta; dan 3) Seberapa besar pengaruh layanan purna jual terhadap loyalitas konsumen pada dealer Yamaha JG Purwakarta. Metodologi/Pendekatan: Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan data yang diperoleh menggunakan metode survei dan data sekunder dengan pendekatan kuantitatif yang melibatkan 96 responden. Uji regresi linear sederhana dilakukan dalam mengalasis data yang telah terkumpul menggunakan perangkat lunak SPSS v.25 Hasil: Hasil penelitian mengungkapkan bahwa tanggapan responden layanan purna jual adalah sebesar 72,26%, sedangkan keadaan loyalitas konsumen adalah sebesar 69,4%. Besarnya pengaruh layanan purna jual adalah sebesar 17% sedangkan sisanya 83% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kebaruan: Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis terhadap pengembangan literatur mengenai loyalitas konsumen.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ilejurnalojs

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Bisnis merupakan jurnal ilmiah untuk bidang ilmu akuntansi yang berfokus pada isu-isu kontemporer, seperti:  1. Manajemen Pemasaran 2. Manajemen Keuangan & Perbankan 3. Manajemen SDM 4. Manajemen Operasi & SIM 5. Kewirausahaan 6. Akuntansi Keuangan 7. Akuntansi Manajemen 8. Audit 9. ...