Jurnal Bisnis
Vol. 11 No. 2 (2023): Desember

Pengaruh physical evidence terhadap kepuasan pelanggan di cafe stasiun kopi Kabupaten Purwakarta

Dika Meirista (Program Studi Administrasi Bisnis Politeknik Perdana Mandiri , Purwakarta)
Sandra Sriwendiah (Program Studi Manajemen Bisnis, STIEB Perdana Mandiri, Purwakarta)
Cindy Prasanti (Program Studi Manajemen Bisnis, STIEB Perdana Mandiri, Purwakarta)



Article Info

Publish Date
11 Dec 2023

Abstract

Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah physical evidence berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan di Cafe Stasiun Kopi Purwakarta. Metodologi/Pendekatan: Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner, observasi dan studi kepustakan. Hasil: Hasil penelitian mengungkapkan bahwa physical evidence berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan di Cafe Stasiun Kopi Purwakarta. Selain itu physical evidence dan kepuasan pelanggan yang diperoleh dan dirasakan oleh pelanggan Cafe Stasiun Kopi Purwakarta berada pada kategori sangat tinggi. Besarnya pengaruh physical evidence terhadap kepuasan pelanggan adalah 76,6% sisanya 23,4% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain seperti produk, tempat, harga, promosi, orang, proses, yang tidak diteliti oleh penulis. Implikasi Praktis: Penelitian ini dapat menjadi pertimbangan bagi pihak cafe terkait urgensi meningkatkan dan memperhatikan kembali physical evidence. Kebaruan: Penelitian ini berkontribusi pada pengembangan literatur mengenai pengaruh physical evidence terhadap kepuasan pelanggan dalam konteks pengelolaan café.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ilejurnalojs

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Bisnis merupakan jurnal ilmiah untuk bidang ilmu akuntansi yang berfokus pada isu-isu kontemporer, seperti:  1. Manajemen Pemasaran 2. Manajemen Keuangan & Perbankan 3. Manajemen SDM 4. Manajemen Operasi & SIM 5. Kewirausahaan 6. Akuntansi Keuangan 7. Akuntansi Manajemen 8. Audit 9. ...