The Sociology of Islam
Vol. 2 No. 1 (2012): June

DIMENSI SOSIO-KULTURAL DALAM PROMOSI KESEHATAN

Sinaulan, J.H. (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jun 2012

Abstract

Promosi kesehatan sebagai upaya untuk meningkatkan derajat kesehatan sudah menjadi perhatian di berbagai negara, termasuk Indonesia. Melalui promosi kesehatan, diharapkan perilaku hidup sehat masyarakat akan mengalami peningkatan. Hanya saja, dalam pelaksanaannya, promosi kesehatan ternyata seringkali dihadapkan pada hambatan-hambatan sosio-kultural yang ada di masyarakat. Promosi kesehatan setidaknya mengandung prinsip-prinsip bevacior chane, social change, policy development, empowerment, community participation dan building partnership and alliance yang didasarkan pada prinsip-prinsip persamaan (equity), keterbukaan (transparency), dan saling membutuhkan (mutual benefit). Ketujuh prinsip ini sangat penting untuk diperhatikan untuk mewujudkan promosi kesehatan yang efektif. Upaya promosi kesehatan tanpa dukungan perilaku kesehatan dari masyarakat yang memadai, tampaknya tidak akan mencapai hasil yang diinginkan, terutama jika halangannya berupa perilaku-perilaku budaya yang kontraproduktif bagi upaya mengembangkan budaya sehat di masyarakat. Kata Kunci: promosi kesehatan, budaya sehat

Copyrights © 2012






Journal Info

Abbrev

JSI

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal The Sociology of Islam memfokuskan kajiannya pada isu-isu kontemporer dalam masyarakat muslim, termasuk identitas agama, transformasi sosial, relasi gender, isu-isu tentang cyber-religion, hubungan lintas agama, radikalisme dan kajian sosiologis lain yang berkaitan dengan tema Islam dan ...