JURNAL PENDIDIKAN DAN ILMU FISIKA
Vol 4, No 1 (2024): June 2024

Comparative Analysis of PSL and HOT-Lab in Improving Critical Thinking Skills in Physics Learning

Seva Pramadiana (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)
Adam Malik (Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2024

Abstract

Praktikum atau kegiatan laboratorium adalah pengalaman belajar yang memungkinkan peserta didik berinteraksi dengan material dan melakukan observasi fenomena. Penelitian ini menganalisis perbandingan antara Problem Solving Laboratory (PSL) dan Higher Order Thinking Laboratory (HOT-Lab) dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran fisika. Penulisan artikel ini menggunakan metode Systematic Literature Review. Metode systematic literature review digunakan untuk menganalisis literatur terbitan 2020-2024 yang terindeks scopus, google scholar, dan crossref. Hasilnya menunjukkan bahwa kedua model memiliki efektivitas yang hampir sama dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Namun, HOT-Lab memiliki tingkat yang lebih tinggi karena dikembangkan dari PSL. PSL memiliki 3 tahapan, sementara HOT-Lab memiliki 5 tahapan dalam pelaksanaan kegiatan praktikum. Kendala utama dalam implementasi kedua model adalah keterbatasan sumber daya manusia dan kurangnya keterlibatan peserta didik. Pengembangan E-Modul berbasis HOT-Lab dapat menjadi solusi untuk mengatasi kendala tersebut. Penelitian ini memberikan kontribusi dalam meningkatkan kurikulum pembelajaran yang lebih efektif dan efisien dalam melatih keterampilan berpikir kritis.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jpif

Publisher

Subject

Education Physics

Description

Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika (JPIF) is a peer-reviewed journal that is intended as a medium for disseminating ideas and research results in the fields of physics education and physics. The scope of this journal includes physics education, theory and application of physics. This journal is ...