Tujuan penelitian ini untuk 1) mengetahui integrasi sosio kultural seni pencak silat dalam pembentukan karakter siswa; 2) peran guru integrasi sosio kultural seni pencak silat dalam pembentukan karakter siswa di SMP 1 Jiwan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif fenomenologi. Subjek penelitian yakni siswa, guru dan pelatih pencak silat. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Milles dan Hubermas yakni data display, verifikasi dan kesimpulan. Hasil penelitian mengemukakan bahwa 1). intergrasi sosio kultural dalam seni pencak silat dapat membentuk karakter sosial siswa menjadi lebih baik diantaranya muncul karakter tenggang rasa, peduli sosial, cinta tanah air, kerjasama, tanggungjawab yang tereskplore ketika anak-anak melakukan seni pencak silat, semakin mencintai seni pencak silat semakin tumbuh karakter sosial yang lebih optimal. 2).Peran guru dalam integrasi sosio kultural seni pencak silat dalam pembentukan karakter siswa guru sebagai role model yakni teladan bagi siswa, guru harus membiasakan pencak silat dalam kegiatan di sekolah, guru harus memaksimalkan seni pencak silat untuk membentuk karakter pada diri siswa.
Copyrights © 2024