Masalah utama dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode Outing Class untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar PPKn pada murid kelas V UPT SD Negeri 20 Bontoramba Kecamatan Bontoramba Kabupaten Jeneponto. Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui penerapan metode Outing Class dalam meningkatkan motivasi dan hasil belajar PPKn pada murid kelas V UPT SDN 20 Bontoramba Kabupaten Jeneponto. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dimana setiap siklus dilaksanakan sebanyak 4 kali pertemuan. Prosedur penelitian ini terdiri dari 4 tahap di setiap siklusnya, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V UPT SD Negeri 20 Bontoramba sebanyak 23 siswa. Hasil penelitian ini menujukkan bahwa pada siklus I hasil motivasi PPKn dari 23 siswa kelas V UPT SD Negeri 20 Bontoramba yaitu siswa yang sangat termotivasi 1 siswa, yang termotivasi 12 siswa, kurang termotivasi sebanyak 8 siswa, dan 2 siswa tidak termotivasi dalam pembelajaran PPKn, dengan jumlah rata-rata hanya sebesar 60,09. Sedangkan Siklus II motivasi siswa mengalami peningkatan yaitu 23 siswa diperoleh ada 17 siswa sudah sangat termotivasi dalam belajar PPKn, dengan yang termotivasi berjumlah 6 siswa, kurang termotivasi berjumlah 0 dan tidak termotivasi sama sekali berjumlah sebanyak 0. Hasil tersebut menunjukkan bahwa pada siklus II didapatkan hasil motivasi siswa sudah mencapat target yang diharapkan yaitu >65. Dengan jumlah rata-rata sebesar 86,30. Hasil belajar PPKn pada siklus I siswa yang lulus Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) hanya 13 orang dengan presentase 63,45%. Sedangkan pada siklus II terdapat 23 siswa yang lulus memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) dengan presentase 81,46% atau berada pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian di atas, dapat disimpulkan bahwa metode Outing Class dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar PPKn pada murid kelas V UPT SD Negeri 20 Bontoramba.
Copyrights © 2024