J-CEKI
Vol. 3 No. 4: Juni 2024

Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X di SMA Negeri 1 Rainis Kabupaten Kepulauan Talaud

Michael Rionaldi Gumolung (Universitas Negeri Manado)
Orbanus Naharia (Unknown)
Zusye Warouw (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2024

Abstract

Peningkatan hasil belajar pada pembelajaran biologi telah dilakukan dengan berbagai cara. Namum masih terdapat kendala dalam mengatasi rendahnya hasil belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas X di SMA Negeri 1 Rainis Kabupaten Kepulauan Talaud. Metode penelitian yang digunakan aadalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Instrumen penelitian mengacu pada metode dalam mengumpulkan data yakni tes dan observasi. Instrumen untuk penelitian yang dipakai berupa ATP, lembar observasi guru dan siswa, LKPD, Modul ajar, dan soal-soal pilihan ganda dan essay. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat menunjang peningkatan hasil proses belajar dari peserta didik untuk topik keanekaragaman hayati pada kelas X A di SMA Negeri 1 Rainis Kabupaten Kepulauan Talaud.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

J-CEKI

Publisher

Subject

Humanities Social Sciences

Description

J-CEKI : Jurnal Cendekia Ilmiah diterbitkan oleh CV. ULIL ALBAB CORP. J-CEKI terbit 6 kali dalam setahun atau tiap 2 bulan sekali. J-CEKI menerbitkan artikel bidang Humaniora dan Ilmu Sosial. Humaniora: Bahasa dan Linguistik, Sejarah, Sastra, Seni Pertunjukan, Filsafat, Agama, Seni Rupa. Ilmu ...