Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 2 (2024): Volume 7 No. 2 Tahun 2024

PENGEMBANGAN E-LKPD MATERI POLA BILANGAN BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING KELAS IV DI SDN CURAHGRINTING 3 PROBOLINGGO

Eka Nurhayati (Universitas Panca Marga)
Ludfi Arya Wardhana (Universitas Panca Marga)
Didit Yulian K (Universitas Panca Marga)



Article Info

Publish Date
12 Mar 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan E-LKPD pada materi pola bilangan untuk kelas IV di SDN Curahgrinting 3 Probolinggo dengan menggunakan pendekatan Problem Based Learning. E-LKPD ini dirancang secara interaktif dan mendukung pembelajaran mandiri. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Research and Development (R&D) model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu wawancara, angket validasi ahli materi, dan ahli media serta angket respon guru. Pembelajaran menggunakan E-LKPD berbasis Problem Based Learning materi pola bilangan yang mana konsepnya sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari, sangat valid dan layak diterapkan pada kegiatan pembelajaran. Hasil validasi pada penelitian ini berdasarkan tingkat perolehan hasil kualifikasi valid/sangat valid yaitu ahli materi mendapat skor 82,5%, ahli media mendapatkan skor 92,5%. Dalam uji coba skala kecil angket kepraktisan siswa mencapai 85,96% dan angket guru mencapai 95%. Uji coba lapangan dilakukan untuk mengukur kepraktisan E-LKPD ini dalam meningkatkan pemahaman materi pola bilangan dan kemampuan pemecahan masalah peserta didik. Berdasarkan hasil penilaian tersebut menunjukkan bahwa media yang dikembangkan oleh peneliti valid dan praktis dengan sedikit revisi, E-LKPD yang dikembangkan oleh peneliti dapat dikatakan valid, praktis dan memudahkan siswa dalam proses belajar yang berlangsung.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...