Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman guru tentang Pendidikan karakter siswa, dampak dalam pembentukan karakter siswa, faktor pendukung dan penghambat Pendidikan karakter siswa. Guru berperan penting dalam membangun karakter siswa di sekolah berdasarkan survei yang peneliti lakukan bahwa masih ada karakter siswa yang belum bisa dikatakan baik. Penelitian ini merupakan penelitian Kualitatif metode Deskriptif. Subjek penelitiannya yaitu siswa kelas VI SD Namira yang berjumlah 19 siswa, sampel sumber data diambil menggunakan Triangulasi Data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran PKN yang dilaksanakan oleh guru kelas sudah memasukkan nilai-nilai karakter, faktor pendukungnya adanya hubungan baik antara guru dengan siswanya dan faktor penghambatnya tidak pahamnya siswa tentang karakter, kesadaran diri siswa masih rendah. Solusi yang bisa diberikan yaitu dengan cara mengarahkan dan memotivasi siswa agar terus melakukan hal-hal baik dan mengerti makna nilai Pancasila.
Copyrights © 2024