Penelitian ini bertujuan dari untuk menghasilkan model permainan sepakbola berbasis 4 gawang atau sepak bola Djafar pada siswa SMA Negeri 4 Kota Gorontalo. Metode yang digunakan adalah model pengembangan ADDIE. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan kuesioner/angket, dengan teknik analisis data yang diperoleh dari kegiatan uji coba produk akan dianalisis dan dibagi menjadi dua data yaitu kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulan bahwa model permainan sepak bola berbasis empat gawang (model permainan sepak bola Djafar) merupakan model permainan yang inovatif untuk diterapkan dalam pembelajaran PJOK di SMA Negeri 4 Kota Gorontalo. Hasil pengujian kevalidan ditemukan bahwa nilai r hitung r tabel, baik pada penilaian kelompok kecil maupun penilaian kelompok besar dan nilai reliabilitas juga baik karena nilai Cronbach Alpha lebih besar dibandingkan 0,6 dengan rata-rata skor kevalidan sebesar 83,48% yakni layak digunakan (baik). sehingga model ini dinilai efektif dalam inovasi pembelajaran PJOK pada kelas X di SMA Negeri 4 Kota Gorontalo.
Copyrights © 2024