Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 3 (2024): Inprogress Volume 7 No 3 Tahun 2024

ANALISIS HASIL BELAJAR SISWA: PENGARUHNYA TERHADAP LINGKUNGAN SEKOLAH DAN KOMUNIKASI GURU

Zuhri Saputra Hutabarat (Universitas Batanghari Jambi)
Benar Sembiring (Universitas Batanghari Jambi)
Harbeng Masni (Universitas Batanghari Jambi)
Arif Rahim (Universitas Batanghari Jambi)
Erlina Zahar (Universitas Batanghari Jambi)
Heni Pratiwi (Universitas Batanghari Jambi)
Firman Tara (Universitas Batanghari Jambi)
Sujoko Sujoko (Universitas Batanghari Jambi)
Lili Andriani (Universitas Batanghari Jambi)



Article Info

Publish Date
15 Jun 2024

Abstract

Tujuan penelitian untuk menganalisis pengaruh lingkungan sekolah, dan komunikasi guru terhadap prestasi belajar siswa secara simultan. Penelitian ini termasuk dalam golongan asosiatif kausalitas. Digolongkan asosiatif karena penelitian ini untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan antar variable yang di teliti. Dikategorikan kausalitas, karena penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variable-variabel yang di amati mempunyai hubungan sebab akibat tertentu seperti yang diduga secara teoritis. Metode yang digunakan adalah metode kuantitatif. Hasil penelitian ini menyimpulkan: 1) Lingkungan sekolah memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar siswa secara parsial; 2) Komunikasi guru memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar siswa secara parsial; 3) Lingkungan sekolah dan komunikasi guru siswa memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar siswa secara simultan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...