Proses pembelajaran merupakan proses yang harus dijalani oleh semua orang baik di sekolah maupun di lingkungan luar sekolah. Proses pembelajaran di lingkungan sekolah dan kampus akan dipenuhi oleh tugas-tugas akademik dan ujian akhir untuk penilaian yang diberikan oleh pengajar. Setiap tugas yang diberikan harus diselesaikan, bukan dianggap sebagai beban yang akan menimbulkan stres. Tugas-tugas akademik yang dilakukan sedikit demi sedikit akan selesai tepat pada waktunya. Sebaliknya tugas yang tidak diselesaikan akan mengakibatkan tugas menumpuk dan akan terasa berat hingga menimbulkan stres. Setiap tugas yang selesai akan mendapatkan apresiaisi yang baik dari pengajar, sehingga pengajar akan menganggap mahasiswa memberikan respon positif. Hubungan yang baik dapat dibina dengan diawali pembinaan komunikasi yang baik dan melakukan apa yang harus dilakukan oleh mahasiswa, menyelesaikan tugas tepat waktu tanpa mengulur batas pengumpulan tugas. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mengkaji dari artikel, jurnal dan buku yang berkaitan dengan tugas pembelajaran dan hubungannya dengan stres pada mahasiswa.
Copyrights © 2024