Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 3 (2024): Volume 7 No 3 Tahun 2024

PENGARUH PENDEKATAN KEAHLIAN PADA KEINGINAN GUNA MENDAPATKAN MOTIVASI INTRINSIK SEBAGAI VARIABEL MODERATOR STUDI KASUS GURU TK HASANUDDIN KOTA MEDAN

Nurhadi , A’an (Unknown)
Nasution, Atika Aini (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2024

Abstract

Keinginan untuk keluar merupakan hal penting yang dapat mempengaruhi jalannya organisasi. Keinginan untuk keluar dapat dipengaruhi beberapa faktor yaitu tujuan pendekatan keahlian dan motivasi intrinsik. Seorang yang mempuyai tujuan pendekatan yang tinggi dan organisasi tidak memberikan fasilitas serta dukungan yang memadai untuk mengembangkan keahliannya maka keinginan untuk keluar juga tinggi. Keinginan untuk keluar dapat diperlemah dengan adanya motivasi intrinsik yang tinggi dari seorang karyawan jika mereka merasa pekerjaannya menyenangkan, dan sesuai dengan kemampuannya maka hal itu akan menurunkan adanya keinginan untuk keluar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan tujuan pendekatan keahlian pada keinginan untuk keluar dengan motivasi intrinsik sebagai variabel moderator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan antara tujuan pendekatan keahlian pada keinginan untuk keluar yang ditunjukkan dengan nilai sig 0,000 < 0,05. Motivasi intrinsik menujukkan hasil negatif signifikan terhadap keinginan untuk keluar dengan nilai sig 0,000 < 0,05. Motivasi intrinsik terbukti memoderasi hubungan antara tujuan pendekatan keahlian pada keinginan untuk keluar, yang ditunjukkan dengan nilai sig 0.026 < 0,05.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...