Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP)
Vol. 7 No. 3 (2024): Volume 7 No 3 Tahun 2024

IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KEDISIPLINAN SISWA KELAS IV SD NEGERI 064972 MEDAN AMPLAS

Adilla, Sarah (Unknown)
Lestari, Nila (Unknown)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi nilai-nilai kedisiplinan yang dilakukan guru kepada siswa, serta mendeskripsikan hambatan-hambatan yang dialami guru dalam mengimplementasikan nilai-nilai kedisiplinan pada kelas IV SDN 064972 Medan Amplas. Fokus penelitian adalah penerapan nilai kedisiplinan yang dilakukan pada siswa kelas IV. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskritif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas dan siswa kelas IV serta kepala Sekolah. Objek penelitian ini berupa Implementasi nilai-nilai kedisiplinan pada siswa. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan teknik analisis model interaktif Miles dan Huberman (reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan) Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data dan teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru kelas IV SDN 064972 Medan Amplas mengimplementasikan nilai kedisiplinan pada siswa dengan menggunakan teknik pengintegrasian nilai yang meliputi; kegiatan rutin, kegiatan spontan, keteladanan, dan pengkondisian. Pada penerapannya guru menggunakan peraturan, hukuman, konsistensi dan dihargai sebagai pedoman. Hambatan yang dialami guru dalam penerapan nilai kedisiplinan adalah guru kurang tegas saat menghukum siswa hukuman hanya sebagian pada aturan sekolah dan guru pengganti masih kesulitan mengkondisikan siswa di kelas ketika menggantikan guru kelas.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jrpp

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) is a National peer-reviewes journal dedicated to the exchange of research and thinking in all aspects of education, especially basic education. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP) publishes research results relating to the theory and practice ...