AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA
Vol. 5 No. 4 (2022): Oktober

Hubungan Kreativitas Dan Bimbingan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Siswa

Agustina Agustina (a:1:{s:5:"en_US"
s:26:"Universitas Djuanda Bogor "
})



Article Info

Publish Date
24 Oct 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan kreativitas dan bimbingan orang tuaterhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran tematik kelas IV SDN Cipayung 07. Latar belakang permasalahanpenelitian ini di SDN Cipayung 07 Kabupaten Bogor yakni kurangnya pembelajaran yang dapat menumbuhkankreativitas siswa di kelas dan kurangnya bimbingan orang tua dalam kegiatan belajar anak. Kreativitas dan bimbingan orang tua menggunakan instrumen angket serta hasil belajar siswa menggunakan nilai yang diperoleh dari hasil karya seni rupa mozaik dan kolase. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan desain penelitian korelasional ganda. Data dianalisis menggunakan teknik analisis koefisien korelasi ganda, koefisien determinasi dan uji signifikansi untuk melihat hubungan yang signifikan dengan jumlah sampel penelitian 36 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Fhitung > Ftabel (14,402 > 3,28), maka dapat disimpulkanbahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kreativitas dan bimbingan orang tua terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran tematik kelas IV SDN Cipayung 07. Hal ini dapat dibuktikan berdasarkan hasil perhitungan uji korelasi ganda antara variabel X1, X2, dan Y diperoleh nilai korelasi (R) sebesar 0,683 , maka dapat diartikan bahwa derajat hubungan antara kreativitas dan bimbingan orang tua terhadap hasil belajar siswa termasuk dalam kategori hubungan sedang atau cukup. Hubungan kreativitas dan bimbingan orang tua terhadap hasil belajar siswa tergolong memiliki hubungan signifikan sebesar 46,6%.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

al-kaff

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Mathematics Other

Description

AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA is an Indonesian language scientific journal portal published by the Faculty of Islamic Religion and Teacher Education and published four times a year in February, April, June, and December, with an open submission process throughout the year. All submitted ...