AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA
Vol. 1 No. 4 (2023): AL - KAFF: Jurnal Sosial Humaniora

PENGARUH METODE PROBLEM SOLVING DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SD PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Yuniar Riness (Universitas Djuanda Bogor)
Radif Khotamir Rusli (Universitas Djuanda)
Irwan Efendi (Universitas Djuanda)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2023

Abstract

Penelitian yang bertujuan agar dapat mengetahui gambaran penggunaan pembelajaran pada Metode Problem Solving dalam pembelajaran Matematika siswa kelas V SD, melihat hasil belajar pada pembelajaran Matematika siswa kelas V SD dan mengetahui bagaimana hasil dari diterapkannya metode problem solving tentang hasil belajar Matematika siswa kelas V SD. Jenis penelitian adalah Eksperimental dengan menggunakan Quasi Eksperimental Design. Variabel bebasnya ialah metode problem solving dan variabel terikatnya ialah hasil belajar. Populasi dalam penelitian inii adallah seluruh siswa kelas V.SDN Kedung Badak 1 Bogor yang berjumlah 63 siswa. Dalaam penelitiian ini ditetapkan dua kelas yaitu kelas VA sebanyak 32 siswa menggunakann metode problem solving dan VB sebanyak 31 siswa menggunakan pembelajaran konvensional.Teknik analisis data yang dipakai oleh dalam penelitian ini adalaah analisis deskriptif statistik. Pengumpulan data, peneliti menggunakan lembar observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan metode pembelajaran problem solving pada pelajaran matematika pada siswa kelas V SDN Kedung badak 1 Bogor termasuk pada kategori baik, hasil belajar matematika siswa pada kelas eksperimen pada umumnya termasuk pada kategori tinggi sedang pada kelas control termasuk pada kategori sedang. Dengan digunakannya metode tersebut maka terdapat pengaruh positif pada hasil belajar dalam pelajaran matematika pada siswa kelas V SDN Kedung Badak 1 Bogor. Setelah dilakukan perhitungan dengan uji t, pada kelaseksperimen dan kelaskontrol diketahui nilai thitungĀ  4,045 > nilai ttabel 1,99962 value. Maka, hasilakhir uji independent sample t-test menunjukkan kalau ada pengaruh pada hasil belajar siswa yang memakai metode problem solving dengan siswa yang memakai pebelajaran secara konvensional. Dapat disimpulkan, bahwa ada pengaruh metode problem solving dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V pada mata pelajaran matematika.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

al-kaff

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Mathematics Other

Description

AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA is an Indonesian language scientific journal portal published by the Faculty of Islamic Religion and Teacher Education and published four times a year in February, April, June, and December, with an open submission process throughout the year. All submitted ...