AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA
Vol. 1 No. 5 (2023): AL - KAFF: Jurnal Sosial Humaniora

INTEGRASI KURIKULUM SEKOLAH FORMAL KE DALAM KURIKILUM PESANTREN (STUDI KASUS DI MADRASAH ALIYAH PESANTREN MODERN DAARUL ’ULUUM LIDO BOGOR)

Juhdi Heryadi (Universitas Djuanda)
Fachrur Razi Amir (Universitas Djuanda)
Herman Soefi (Universitas Djuanda)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2023

Abstract

Dengan dilakukannya penelitian ini untuk mengetahui dan mengkaji Integrasi Kurikulum sekolah formal ke dalam Kurikulum pesantren (Studi Kasus Di Madrasah Aliyah Pesantren Daarul’Uluum Lido) dengan mendeskripsikan hasil temuan peneliti. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pengetahuan karya ilmiah yang dapat digunakan sebagai acuan oleh para akademisi, pemangku kebijakan dan pemerhati pendidikan dalam mencari format atau model pendidikan dan memberikan bahan masukan untuk pengasuh/Ust/Ustzh Pesantren Modern Daarul Uluum Lido sebagai referensi dalam memaksimalkan konten kurikulum pembelajaran dikelas sehingga meningkatkan mutu lulusan yang dihasilkan, terutama dalam pengembangan pendidikan islam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus. Peneltian kualitatif adalah pendekatan penelitian yang berlandaskan pada filsafat positivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek alamiah, dimana peneliti adalah sebagai instrument kunci, pengambilan sampel sumber data dilakukan secara purposive dan snowball, teknik Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi,wawancara dan dokumentasi,untuk pengecekan keabsahan data penulis menggunakan triangulasi data, analisis data bersifat induktif/kualitatif dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna dari pada generalisasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pengintegrasian kurikulum itu berdasarkan pertimbangan teoritis dan praktis. Sementara bentuk pengintegrasian kurikulum Sekolah Formal Ke Dalam Kurikulum Pesantren (Studi Kasus Di Madrasah Aliyah Pesantren Modern Daarul ‘Uluum Lido) berbentuk memadukan materi kemadrasahan ke dalam materi kepesantrenan yang keduanya dilaksanakan dengan sistem klasikal. Sejauh ini, keberhasilan yang telah dicapai oleh lembaga tersebut adalah mencetak lulusan generasi-generasi baru berkualitas manusia yang tangguh, handal, unggul dan mampu berpikir serta bertindak kreatif dan inovatif .yaitu manusia berkualitas secara Spritual dan Intelektualnya. Di samping secara akademik, meningkatnya kemampuan bahasa Arab dan bahasa Inggris peserta didik/Santri.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

al-kaff

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Mathematics Other

Description

AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA is an Indonesian language scientific journal portal published by the Faculty of Islamic Religion and Teacher Education and published four times a year in February, April, June, and December, with an open submission process throughout the year. All submitted ...