AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA
Vol. 2 No. 3 (2024): AL - KAFF: Jurnal Sosial Humaniora

PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA ARAB PESERTA DIDIK KELAS IV SD AMALIAH CIAWI

Audia Rizky Amaliya (Universitas Djuanda)
Didin Syamsudin (Universitas Djuanda)
Mochammad Deddy Soe`aiddy (Universitas Djuanda)



Article Info

Publish Date
27 Jun 2024

Abstract

Media pembelajaran aplikasi Quizizz  merupakan upaya yang dilakukan penelitian untuk meningkatkan dan memotivasi siswa sekolah dasar Amaliah Ciawi dalam penguasaan kosakata bahasa Arab. Metode penentuan sampel menggunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes, dengan populasi sebanyak 34 siswa kelas IV SD Amaliah Ciawi. Jenis penelitian merupakan penelitian kuantitatif Quasi Eksperimen dengan desain NonEquivalent Pre-test dan Prosttest Control Group Design. Data diuji menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menunjukkan bahwa media pembelajaran aplikasi Quizizz  ini berpengaruh signifikan terhadap penguasaan kosakata bahasa arab peserta didik kelas IV SD Amaliah Ciawi. Hal ini ditunjukan dengan hasil olah data yang menyatakan bahwa terdapat 18 dari 20 butir soal dengan hasil valid dan pada instrumen reliabilitas dengan nilai 0,718 > 0,60 atau menunjukkan bahwa reliabel. Pada uji normalitas hasil menunjukkan bahwa nilai uji Kolmogorov-Smirnov Pre-test  yaitu 0,200 dan Prosttest 0,060, sedangkan uji normalitas dengan Shapiro-Wilk menunjukkan hasil pre-test 0,431 dan Prosttest dengan hasil 0,060, dari hasil tersebut > 0,05, maka terdapat hasil yang signifikan dan normal. Hasil dari uji t menunjukkan nilai 0,05 yang dikatakan cukup dari 0,05 dan hasil dari hipotesis yaitu nilai signifikan 0,05, yang berarti cukup dari 0,05. Maka dari itu, Ho ditolak dan Ha diterima.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

al-kaff

Publisher

Subject

Religion Economics, Econometrics & Finance Education Mathematics Other

Description

AL - KAFF: JURNAL SOSIAL HUMANIORA is an Indonesian language scientific journal portal published by the Faculty of Islamic Religion and Teacher Education and published four times a year in February, April, June, and December, with an open submission process throughout the year. All submitted ...