Jurnalistrendi: Jurnal Linguistik, Sastra dan Pendidikan
Vol 6 No 1 (2021): Edisi April 2021

Herman Pengaruh Metode Inquiry Terhadap Kemampuan Menulis Dongeng Kelas VIII SMP Islam Terampil NW Pancor Kopong

Herman Wijaya (Universita Hamzanwadi)



Article Info

Publish Date
10 Jun 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh metode inquiry terhadap kemampuan menulis dongeng siswa kelas VIII SMP Islam NW Pancor Kopong Tahun Pelajaran 2018/2019. Jenis penelitian menggunakan eksperimen dengan quasi eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Islam NW Pancor Kopong Tahun Pelajaran 2018/2019. Jumlah kelas VIII di SMP Islam NW Pancor Kopong ada 2 kelas dengan jumlah keseluruhan 60 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik simple random sampling. Adapun kelas yang terpilih sebagai sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIIIa (kelas eksperimen) dan kelas VIIIb(kelas kontrol). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes dan dokumentasi. Teknik analisis data rumus yang digunakan adalah rumus korelasi product moment. Berdasarkan kemampuan siswa diperoleh hasil posttest secara keseluruhan pada kelas eksperimen diperoleh sebesar 76,93 dan kelas kontrol sebesar 68,8. Dalam analisis data dengan menggunakan uji T diperoleh t hitung sebesar 3,31 dan t tabel pda taraf gignifikan 5 % dengan dk 30 + 30 - 2 = 58 sebesar 2,00. Hal ini menunjukkan bahwa t hitung > t tabel yaitu 3,31 > 2.00 yang berarti bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran inquiry berpengaruh terhadap kemampuan kognitif siswa pada pelajaran Bahasa Indonesia khususnya materi pelajaran kemampuan menulis dongeng siswa kelas VIII Islam NW Tarampil NW Pancor Kopong Tahun Pelajran 2018/2019.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

trendi

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jurnalistrendi: Jurnal Linguistik, Sastra, dan Pendidikan, diterbitkan oleh Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia FKIP Universitas Nahdlatul Wathan Mataram, bertujuan untuk menerbitkan berbagai laporan penelitian, studi literatur dan tulisan ilmiah tentang fonetik, fonologi, morfologi, sintaksis, ...